Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

159 CALON RELASI KPU BANYUMAS IKUTI SELEKSI WAWANCARA HARI INI

PURWOKERTO – Tahapan seleksi wawancara dalam perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi)   Pemilu 2019 dimulai hari ini, Rabu (16/1). Dari total 231 calon Relasi yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, 159 calon Relasi dijadwalkan mengikuti seleksi wawancara pada hari ini. Peserta tersebut merupakan calon Relasi yang memilih basis pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, dan pemilih perempuan. Sedangkan selebihnya dijadwalkan wawancara besok.

Lima anggota KPU Kabupaten Banyumas akan mewawancarai peserta di kantor KPU Kabupaten Banyumas di ruang terpisah.

Wawancara yang dilakukan untuk menilai calon Relasi berdasarkan aspek-aspek sesuai Juknis KPU Republik Indonesia. Wawancara berkutat soal pengetahuan calon terkait demokrasi dan kepemiluan. Sesekali, pewawancara juga menguji kemampuan public speaking peserta. Pewawancara meminta peserta berorasi singkat, seolah-olah sedang sosialisasi di hadapan banyak orang.

Selain itu, pengalaman organisasi dan sepak terjang peserta di masyarakat juga menjadi aspek pertimbangan KPU Kabupaten Banyumas.

“Sesuai Juknis KPU RI, ada beberapa aspek yang diutamakan seperti penyuluh agama non-PNS, memiliki followers di atas 2000 bagi calon Relasi yang memilih basis netizen dan mereka yang pernah terlibat dalam kegiatan KPU,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi di sela-sela kegiatan wawancara.

Hasil penilaian dari masing-masing aspek itu, lanjut Imam, akan diakumulasikan dan dijadikan bahan penentuan kelolosan calon Relasi.

Sebagai informasi, melalui pengumuman KPU Kabupaten Banyumas nomor 60/PP.08-PU/3302/KPU-Kab/I/2019, KPU Kabupaten Banyumas meloloskan 231 calon Relasi. Sebelumnya ada 240 calon yang mendaftar. Setelah berkas pendaftaran diteliti, terdapat 9 orang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena berkas tidak memenuhi persyaratan.

Setelah wawancara hari ini, rencananya seleksi wawancara akan dilanjutkan pada hari Kamis, 17 Januari 2019. Jumlah peserta yang dijadwalkan adalah 72 orang. Selain itu, hasil seleksi wawancara akan diumumkan pada hari itu juga. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!