Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

55 ORANG DITETAPKAN MENJADI RELAWAN DEMOKRASI

Purwokerto, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas menetapkan 55 orang lolos seleksi wawancara dan selanjutnya ditetapkan menjadi Relawan Demokrasi (Relasi). Hal itu dilakukan setelah lima orang komisioner melakukan rapat pleno Kamis (17/1) sore di Kantor KPU Kabupaten Banyumas. Adapun komposisi relawan demokrasi yang ditetapkan mewakili sepuluh basis pemilih, dengan rincian basis pemilih pemula, pemilih muda dan warganet sebanyak 6 orang. Basis keagamaan dan pemilih perempuan masing-masing sebanyak 8 dan 7 orang. Basis pemilih berkebeutuhan khusus dan pemilih kaum marjinal masing-masing sebanyak 4 orang. Sedangkan basis pemilih penyandang disabilitas dan basis komunitas sebanyak 3 orang.

Menurut Yasum Surya Mentari, pembentukan Relawan Demokrasi telah sesuai dengan Juknis dari KPU RI, yakni melalui tahapan pendaftaran, seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Sebaran asal daerah relawan juga telah merata di setiap kecamatan. “Khusus pendaftar dari basis penyandang disabilitas mamang kami kesulitasn untuk memenuhi sekurang-kurangnya empat karena kami memang yang sesuai dengan prioritas kami hanya 3”, ujar anggota KPU Kabupaten Banyumas yang membawahi divisi sosialisasi, Pendidikan pemilih dan SDM ini.

Lebih lanjut, tugas utama relawan adalah membantu tugas-tugas KPU dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hal ihwal teknis penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, mereka diminta untuk mengajak masyarakat agar mau berpartisipasi dalam Pemilu. Tidak hanya untuk datang menggunakan hak pilih pada 17 April 2019, tetapi juga mengajak untuk aktif terlibat menjadi penyelenggara Pemilu. “Mengingat banyaknya TPS yang ada, maka kami tugaskan kepada para relawan untuk mengajak masyarakat yang memenuhi syarat untuk menjadi KPPS. Mereka juga sekaligus menjadi agen informasi tentang teknis memilih karena banyak hal baru dalam Pemilu 2019 ini”, terang mantan anggota Panwascam Kebasen ini.

Bimtek dan Pengukuhan Relasi

Menurut rencana, mereka yang telah ditetapkan akan dikukuhkan dan sekaligus akan dibekali melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Senin (21/1) mendatang. Materi yang akan disampaikan diantaranya pengantar demokrasi, Pemilu dan partisipasi pemilih; materi kode etik relawan dan aspek-aspek teknis penggunaan hak pilih di TPS. Relawan akan bekerja selama tiga bulan, mulai Februari sampai dengan April 2019. (SPA)

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!