Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BASIS PEMILIH PEMULA MENJADI DAYA TARIK BAGI CALON RELASI

PURWOKERTO – Sampai hari kedua pendaftaran Relawan Demokrasi atau Relasi Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Senin (14/1), mayoritas pendaftar memilih basis pemilih pemula.

Tercatat dari 65 jumlah pendaftar, pemilih basis pemula sebanyak 19 orang. Sementara basis yang lain, 11 orang memilih basis keluarga, 9 orang basis muda, 12 orang basis perempuan, 5 orang basis keagamaan.

Untuk basis yang masih sedikit jumlah peminatnya adalah basis pemilih disabilitas dengan jumlah calon relawan 2 orang, basis berkebutuhan khusus 1 orang, basis marjinal 2 orang, basis komunitas 3 orang dan warganet 1 orang.

Berdasarkan petunjuk teknis dari KPU Republik Indonesia, rencananya KPU Banyumas akan memilih 55 calon terbaik untuk dikukuhkan sebagai relawan demokrasi.

“Dari 11 basis yang ada, jumlah relawan yang menempati per-basis sekitar 5 orang,” ungkap Yasum Surya Mentari, anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi sosialiasi, Pendidikan pemilih, SDM dan Parmas.

Namun penentuan jumlah itu, lanjut Surya, akan tetap mempertimbangkan konidisi masyarakat di Banyumas. Katanya, memungkinkan saja basis tertentu ditempati oleh relawan dengan jumlah lebih banyak dari yang lainnya.

Dalam proses seleksi ini, KPU Banyumas akan melakukan seleksi administrasi pada 14-15 Januari 2019. Selanjutnya adalah seleksi wawancara yang akan dilakukan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas pada 16-17 Januari 2019. Sementara hasil akhirnya akan diumumkan pada 17 Januari 2019. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!