Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

BELUM SINKRON SIDALIH, PLENO PENETAPAN DPTHP-2 KPU BANYUMAS DITUNDA

PURWOKERTO – Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke-2 yang diadakan di Hotel Meotel Purwokerto, Senin (10/12) siang ditunda. Penundaan ini atas rekomendasi Bawaslu Kabupaten Banyumas karena data hasil pemutakhiran belum bisa diupload ke aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih).

Secara manual, pencermatan sudah selesai dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) divisi mutarlih se-Banyumas.  Namun belum semuanya bisa upload ke Sidalih. Sinkronisasi Sidalih merupakan hal penting karena amanat PKPU No. 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilu. Karena server Sidalih lemot hal ini mengakibatkan operator Sidalih di tingkat kabupaten tidak lancar mengupload data pemilih.

“Rekapitulasi pencermatan manual sudah selesai dilaksanakan oleh petugas pemutakhiran di tingkat PPK. Namun saat upload Sidalih untuk sinkronisasi terkendala server yang lemot,” kata Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi usai pleno, Senin siang.

Hingga diadakan pleno, ada enam kecamatan yang belum sinkron dengan Sidalih, yakni Wangon, Rawalo, Kebasen, Somagede, Kembaran, dan Banyumas. Penundaan rapat pleno disepakati dilakukan pada Senin (10/12) pukul 20.30 WIB di Aula Kantor KPU Banyumas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mutarlih PPK dan operator Sidalih KPU Banyumas. Namun kendala ini luar kemampuan kami jadi kami siap menindaklanjuti rekomendasi Bawaskab Banyumas untuk ditunda,” lanjut Imam.

Ketua Bawaskab Banyumas, Miftahudin dalam rekomendasi yang dibacakan Yon Daryono, pimpinan Bawaskab Banyumas mengatakan, pihaknya turut memantau kinerja operator Sidalih KPU Banyumas hingga pukul 01.00 WIB pada Senin (10/12). Saat pemantauan, pihaknya mengakui menjumpai adanya kendala Sidalih yang tidak berfungsi optimal.

“Bawaslu Kabupaten Banyumas merekomendasikan penundaan rapat pleno terbuka DPTHP-2 Pemilu 2019 sampai dengan KPU menyelesaikan input data Sidalih,” tulis Miftah dalam rekomendasi bernomor No 138/Bawaslu-Prov.JT-02/PM.02/XII/2018.

Menanggapi rekomendasi Bawaskab Banyumas, Ketua KPU Banyumas menyatakan siap melakukan rapat penundaan dan penyempurnaan upload Sidalih. Kegiatan nantinya akan diikuti PPK, perwakilan parpol dan Bawaskab Banyumas. [hwo]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!