Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Bersiap Tata Dapil di Banyumas, KPU Sosialisasi di Depan Parpol dan Anggota Dewan

Purwokerto – Senin (27/11) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019. Kegiatan yang diadakan di Hotel Java Heritage tersebut menghadirkan Andi Ali Said Akbar, S.IP., M.A., dosen Ilmu Politik FISIP UNSOED dan Kartiman S.H. M.Si Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas sebagai pemateri serta Ikhda Aniroh, Komisioner KPU Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 54 peserta yang terdiri dari perwakilan partai politik, dinas instansi terkait dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tahapan penataan Dapil di Kabupaten Banyumas. “Apakah nanti akan tetap atau ada penambahan akan kita bahas pada waktunya nanti,” kata Unggul.

Kartiman dalam materinya menyampaikan, dalam kegiatan keikut sertaannya dalam penyelenggaraan Pilkada mendatang, Dindukcapil Banyumas sedang dalam tahap validasi data kependudukan ke desa-desa. “KPU akan menerima hasil tersebut sebagai acuan penentuan DP4,” kata Kartiman menjelaskan.

Menjelang kegiatan berakhir, salah seorang peserta dari Partai Golkar, Nanang Astoto menanyakan tentang apakah akan ada pemekaran Dapil khususnya di Dapil 5. “Di Dapil 5 kan luas dan terbentang di selatan dan utara pegunungan, apakah akan jadi dua Dapil?” tanyanya.

Meresponnya, Andi mengatakan bahwa penataan Dapil nanti akan mengacu kepada prinsip kesetaraan Suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsional, integralitas wilayah, coterminus, kohesivitas dan kesinambungan. “Itu semua berpegangan pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017,” jelasnya. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!