Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

CIPTA KAMPANYE DAMAI, KPU BANYUMAS GELAR RAPAT PERSIAPAN KAMPANYE

Purwokerto – Persiapkan penyelenggaraan kampanye yang damai di Banyumas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Rapat Persiapan Kampanye di Aula KPU Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/2) pagi. Rapat dipimpin oleh Imam Arif Setiadi, anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat didampingi oleh dua anggota KPU Kabupaten Banyumas lainnya, Ikhda Aniroh dan Waslam Makhsid serta Kasubbag Hukum Sekretariat KPU Kabupaten Banyumas, Hari Prihatmoko. Rapat dihadiri oleh tim kampanye Partai pengusul Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), Desk Pilkada, perwakilan dari Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Banyumas, Polres, Satpol PP dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas.

Secara garis besar, rapat membahas pelaksanaan kampanye, Alat Peraga Kampanye (APK), serta zona kampanye. Imam mengatakan, tahapan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam tahapan Pilkada tahun 2018 dimulai dari 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Dan kegiatan deklarasi kampanye damai rencananya akan digelar pada 17 Februari 2018.

“Tahapan ini akan kita mulai dengan kegiatan deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh kedua Paslon beserta tim pendukungnya,” kata Imam Arif.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,  KPU memberikan fasilitas kampanye bagi setiap pasangan calon.

Selain itu, tambah Imam, calon dilarang menyelenggarakan kampanye menggunakan fasilitas pemerintah dan pemerintah daerah. Kampanye diperbolehkan menggunakan aula desa dengan syarat mendapatkan izin terlebih dahulu dari kepala desa terkait dan tidak berada di lingkungan balai desa.

“Prinsipnya kegiatan kampanye harus mendapat izin dari pemilik lokasi,” tambahnya.

Atas berbagai peraturan itu, peserta rapat menyatakan siap menaati aturan tersebut. Peserta juga mengharapkan akan terselenggaranya kampanye yang damai dan tertib.

  • Rapat Persiapan Kampanye Bersama PPK

Menyoal pembahasan yang sama, KPU Kabupaten Banyumas juga menyelenggarakan rapat persiapan kampanye yang mengundang ketua dan divisi kampanye Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Banyumas pada siang harinya. Imam menghimbau agar PPK memahami peraturan tentang kampanye secara komprehensif. Dengan begitu, tambahnya, penyelenggaraan kampanye akan lebih mudah dilaksanakan. [rfk]

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!