Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

DAFTAR PEMILIH GANDA DI BANYUMAS MENCAPAI 8.976 ORANG

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Bimbingan Teknis Tata Cara Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP)-1 pada Jumat (5/10) di Hotel Meotel Purwokerto.

Mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Mutarlih se-Kabupaten Banyumas, Waslam Makhsid, anggota KPU Kabupaten Banyumas menyampaikan materi tata cara penyempurnaan DPTHP-1.

Ia mengatakan setidaknya ada empat kategori kegandaan pemilih yang ada di Banyumas. Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) dari KPU RI, kategori itu dibagi menjadi K1, K2, K3, dan K4.

“Kegandaan kategori K1 itu dilakukan untuk mengecek NIK, NKK, nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, status kawin, alamat, dan disabilitas,” terang Waslam.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada kategori K2 dilakukan untuk mengecek kegandaan NIK, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, serta alamat. Kemudian kategori K3 untuk mengecek kegandaan NIK, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir. Sedangkan kategori K4 untuk mengecek kegandaan NIK, nama, dan tanggal lahir saja.

Berdasarkan hasil penelitian dari KPU RI, jumlah kegandaan yang ditemukan di Banyumas dalam kategori K1 sejumlah 68 pemilih, K2 sejumlah 28, K3 sejumlah 8.976, dan K4 sejumlah 1.010 pemilih.

Untuk itu, Waslam menekankan kepada peserta untuk segera melakukan penyempurnaan DPTHP-1. Melalui PPK, Ia meminta agar masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPK untuk melakukan penyempurnaan DPTHP-1 baik di tingkat desa/kelurahan ataupun kecamatan. Dengan batas akhir waktu hingga 28 Oktober 2018.

Setelah dilakukan penyempurnaan DPTHP-1, PPS dan PPK kemudian bertugas untuk menyusun dan melakukan rekapitulasi dalam rapat pleno terbuka.

“PPS memiliki tenggang waktu untuk melakukan rapat pleno rekapitulasi antara 29 Oktober – 03 November 2018, dan untuk PPK antara 01- 06 November 2018,” pungkasnya. [ais]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!