Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

DPT DIPERBAIKI, 2044 NAMA MUNCUL SEBAGAI PEMILIH GANDA

 

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). Bertempat di Hall Oemah Daun Resto, pada Kamis (13/09/2018) kegiatan dihadiri oleh Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  divisi mutarlih se Banyumas, Panwascam se-Banyumas, Bawaslu dan Partai Politik peserta Pemilu 2019 di Banyumas. Hadir juga dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas (Dindukcapil), dan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas.

Kegiatan diawali dengan pembacaan rekapitulasi DPTHP tingkat kecamatan oleh setiap PPK. Dilanjutkan dengan Rapat Pleno Terbuka penetapan DPTHP pada siang hari.

Rapat Pleno tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari rekomendasi Bawaslu terkait perbaikan DPT yang diduga masih banyak terdapat data pemilih ganda.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan, di Banyumas setidaknya ada enam ribu lebih data yang diindikasikan ganda.

“Hasil pencermatan oleh Bawaslu Kabupaten Banyumas, ada 6.777 data pemilih ganda,” terang Unggul.

Berdasarkan rekomendasi perbaikan tersebut, KPU Kabupaten Banyumas melalui PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan verifikasi ke lapangan untuk melakukan validasi data.

“Setelah ditindaklanjuti, kami memperoleh data pemilih yang ganda sebanyak 2.044 orang,” lanjutnya.

Selain itu, data pemilih yang diperbaiki karena kesalahan administratif sebanyak 1.423 orang. Dalam penjelasannya, Unggul menambahkan kesalahan administrasi yang dimaksud seperti kesalahan penulisan NIK, nama dan tempat tanggal lahir.

Semetara itu, data pemilih yang tidak terbukti ganda sebanyak 3.310.

Lebih lanjut Unggul menerangkan, data pemilih yang ditemukan ganda disebabkan karena dua faktor. Pertama, terdapat satu NIK yang dimiliki oleh dua penduduk, dan yang kedua adalah seorang penduduk yang terdata memiliki dua NIK.

Persoalan ini menurutnya disebabkan oleh terbatasnya sistem pengelolaan database kependudukan di Dindukcapil, serta pengelolaan database pemilih di KPU.

Dengan telah ditetapkannya DPTHP pada kegiatan ini, maka didapatilah jumlah DPT di Banyumas adalah 1.330.390 pemilih yang terdiri dari 663.608 laki-laki dan 666.782 perempuan. [slm]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!