Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

DPT PEMILU DITETAPKAN, JUMLAH PEMILIH DISABILITAS  DI BANYUMAS CAPAI 3.463 ORANG

Purwokerto – Bertempat di Hotel Aston, Purwokerto, Senin (20/8), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019. Rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi dan keempat anggota lainnya serta dihadiri oleh Ketua dan Divisi Mutarlih Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Banyumas, Panitia Pengawas Pemilu se Kabupaten Banyumas, partai politik peserta Pemilu tingkat Kabupaten Banyumas, Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas dan Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Banyumas.

Rapat berlangsung secara tertib. Anggota KPU Kabupaten Banyumas membacakan satu persatu hasil rekapitulasi DPSHP dari masing-masing kecamatan. Melalui kesempatan yang ditawarkan, setiap peserta dipersilakan memberikan tanggapan dan masukan atas rekapitulasi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan penetapan DPT.

Tertuang dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Banyumas Nomor 59/PL.01.2-Kpt/3302/KPU-Kab/VIII/2018 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kabupaten Banyumas menetapkan bahwa jumlah DPT di Banyumas mencapai 1.332.434 orang.

“Jumlah ini terdiri dari 664.594 pemilih laki-laki dan 667.840 pemilih perempuan,” terang Unggul.

Daftar pemilih yang baru ditetapkan tersebut, lanjut Unggul, tersebar di 5.437 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banyumas.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Mutarlih, Waslam Makhsid menambahkan, dari jumlah tersebut di atas, terdapat 3.463 orang yang terdaftar sebagai pemilih disabilitas. Ada 793 orang berkategori tuna daksa, 704 orang penyandang tuna netra, 878 orang tuna rungu/wicara, 510 orang tuna grahita dan 579 orang penyandang disabilitas lainnya. Menurutnya, pemilih disabilitas merupakan kelompok pemilih yang harus selalu diperhatikan oleh setiap penyelenggara Pemilu.

Selanjutnya, pengumuman tentang DPT Pemilu 2019 secara resmi dari KPU Kabupaten Banyumas rencananya akan dikeluarkan pada hari Selasa 28 Agustus 2018 mendatang melalui papan pengumuman, website (www.kab-banyumas.kpu.go.id) dan media sosial KPU Kabupaten Banyumas. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!