Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

DUMMY SURAT SUARA DAN SILON BANYUMAS TELAH DIVALIDASI

 

JAKARTA – Rangkaian kegiatan validasi surat suara pemilihan calon anggota DPRD Kabupaten Banyumas untuk Pileg 2019 telah selesai dilakukan. Hasilnya dummy surat suara sudah valid dan aplikasi pencalonan (SILON) telah sinkron dengan SK Daftar Calon Sementara (DCS) dan SK Daftar Calon Tetap (DCT) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas.

“Validasi dan sinkronisasi telah selesai. Output-nya kami menerima salinan dummy untuk enam Dapil yang telah diperiksa bersama oleh KPU Banyumas dan KPU RI. Selanjutnya menunggu proses pencetakan surat suara,” kata Anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko seusai validasi di Jakarta, Senin (3/12).

Nantinya dummy  tersebut akan disosialisasikan kepada penghubung Parpol dan Bawaslu Kabupaten Banyumas.

Kegiatan validasi yang diikuti KPU Kabupaten Banyumas merupakan gelombang kedua yang diikuti 181 Satker dari provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan diadakan selama dua hari, Minggu-Senin (2-3/12) di Hotel Borobudur, Jakarta. Turut hadir dalam acara tersebut adalah operator SILON KPU Kabupaten Banyumas, Sarikasih.

Pada hari pertama, masing-masing Satker menerima dummy surat suara dari KPU RI. Penyerahan dummy disaksikan Ketua KPU RI Arief Budiman dan Anggota, Ilham Saputra.

Setelah diterimakan, dummy kemudian diperiksa mandiri oleh masing-masing Satker. Pengecekan dilakukan dengan memeriksa nama, nomor urut, dan gelar akademik/keagamaan. Setelah selesai dicek mandiri, kemudian dummy diperiksa kembali oleh petugas dari KPU RI. Setelah dinyatakan valid dengan SK DPT kemudian dummy ditandatangani oleh pihak KPU, operator dan KPU RI.

Selanjutnya pada hari kedua dilakukan sinkronisasi dengan Aplikasi Pencalonan (SILON) dan dilanjutkan input data calon sementara (DCS) untuk tampilan website infopemilu.kpu.go.id. Nantinya daftar nama caleg bisa diakses oleh publik melalui situs tersebut.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Banyumas lancar dan tidak ada revisi,” kata Hanan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada operator dan tim Teknis yang telah melakukan pencermatan dari tahap DCS, DCT hingga validasi dummy sehingga lancar tanpa kendala berarti. [hwo]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!