Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

GELAR BIMTEK TUNGSURA II, KPU BANYUMAS MATANGKAN PERSIAPAN COBLOSAN

Purwokerto – Belum genap satu bulan berlalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kembali gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara tahap dua Pilkada Serentak Tahun 2018 di Hotel Wisata Niaga, Purwokerto pada Rabu-Kamis (9-10/5). Bimtek diikuti oleh Ketua, Divisi Teknis dan operator Aplikasi Penghitungan (Situng) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Banyumas.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi menyampaikan, Bimtek ini digelar untuk mematangkan persiapan PPK menghadapi Tungsura yang pelaksanaannya sudah semakin dekat.

“Dalam Bimtek ini kami lebih menekankan kepada praktik setelah teori. Kami yakin Bapak Ibu akan lebih mudah memahami jika praktik,” ungkap Unggul dalam sambutan pembukaannya.

Lebih lanjut, Ikhda Aniroh selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis yang menjadi narasumber pada kegiatan itu menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini akan dibuat dengan berbagai persoalan.

“Ini untuk persiapan penyelenggara menghadapi persoalan yang mungkin terjadi di lapangan sebenarnya,” terang Ikhda.

Ujian pretest menjadi kegiatan yang paling awal dilakukan. Peserta Bimtek diuji sejauh mana pengertian mereka terhadap Tungsura. Setelah itu barulah materi disampaikan oleh Ikhda dan dilanjutkan dengan praktik atau simulasi atas apa yang telah disampaikan oleh Ikhda. Ia juga menegaskan agar peserta mencermati setiap informasi yang disampaikan. Informasi yang didapat, lanjutnya, harus disampaikan lagi kepada penyelenggara di bawahnya.

“Ini sangat urgen. Pahami betul tata caranya. Jangan sampai ada kekeliruan pada saat pelaksanaannya nanti,” tegasnya.

Dalam simulasi, peserta berperan sebagai penyelenggara layaknya yang sebenarnya. Tahap demi tahap disimulasikan secara utuh dimulai dari pembacaan sumpah penyelenggara sampai perekapan hasil pemungutan suara.

Rencananya, Bimtek serupa akan dilakukan oleh PPK divisi teknis kepada PPS dan KPPS di waktu mendatang. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!