Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

GELAR BINTEK PENCALONAN, KPU BANYUMAS MINTA PPK SIAP TERIMA BERKAS BAPASLON PERSEORANGAN

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas gelar Bimbingan Teknis (BINTEK) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Banyumas dalam rangka persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 pada Jum’at (24/11) di Aula KPU Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut diikuti oleh dua anggota PPK yang terdiri dari Ketua dan Divisi Teknis yang berjumlah total adalah 54 orang.

Ikhda Aniroh, anggota KPU Kabupaten Banyumas yang menjadi pemateri pada acara tersebut menyampaikan tentang hal teknis dan persiapan pelaksanaan tahapan yang akan dihadapi dalam waktu dekat. “Yang terdekat, tanggal 25-29 November 2017 adalah tahapan penerimaan berkas persyaratan bakal pasangan calon (Bapaslon) jalur perseorangan,” kata Ikhda.

Nantinya PPK bertugas untuk menghitung berkas yang berupa salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) atau surat keterangan kependudukan yang ada di Kecamatannya masing-masing. Ikhda menambahkan, agar Bapaslon tersebut bisa lolos ke tahapan berikutnya, jumlah minimal salinan E-KTP, baik berupa hardfile maupun softfile yang diserahkan adalah 85.719 buah. “Semua PPK harus bersiap manakala berkas itu datang,” tambahnya.

“Tugas kita hanya menghitung jumlahnya saja,” tegas Ikhda kepada peserta Bimtek. Kata ikhda, pengecekan kesesuaian nama, alamat ataupun isi lainnya dalam E-KTP itu akan diverifikasi pada tahap selanjutnya.

Paska materi selesai, Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Banyumas, Kasworo memberikan simulasi tentang bagaimana cara pengisian formulir checklist berkas. “Besok setiap kolom ini harus diisi semuanya,” terangnya sambil meperagakan pengisian contoh formulir.

Peserta juga diberikan bahan dan contoh formulir untuk praktik langsung dalam pengisian formulir. “Bintek ini sangat membantuk untuk memudahkan kami dalam praktik besok,” Kata Andi Wahyono, salah satu anggota PPK Purwojati. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!