Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

IMAM ARIF: SELURUH HASIL PENGHITUNGAN DI TPS PILKADA AKAN DIUNGGAH

LUMBIR – Perbaikan sistem perhitungan dan rekapitulasi hasil pemilu tidak memungkinkan bagi siapapun untuk merubah hasil dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) sampai tingkat nasional. Melalui Sistem Informasi Perhitungan Suara (SiTUNG), Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan seluruh formulir model C-1 diunggah pada hari itu juga. Hal itu ditegaskan oleh Imam Arif Setiadi pada kegiatan Pendidikan Politik bagi Kader Partai Golongan Karya se-Dapil 1 di Rumah Makan Bintang Rasa, Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Minggu (3/12) kemarin.

“Kami jamin suara pemilih akan aman karena semua akan di-upload dan semua orang dapat mengawasi proses rekapitulasi,” ujar Imam saat menyampaikan materi sosialisasi di depan pengurus kecamatan dan desa se Kecamatan Lumbir, Pekuncen, Ajibarang dan Gumelar.

Imam menambahkan, sesaat setelah dilaksanakannya penghitungan suara di TPS, satu salinan formulir C-1 harus segera dikirim ke KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk dipindai dan diunggah. Formulir C-1 merupakan data primer yang merekam seluruh proses, aktifitas dan hasil pemungutan dan penghitungan suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Maka, formulir ini menjadi kunci apabila di kemudian hari terjadi perselisahan hasil pemilu/pemilihan.

Selain itu, Imam juga mengajak kepada seluruh peserta pemilu untuk sama-sama mengawasi aparatur penyelenggara Psemilu. Sebab, menurutnya, KPU Kabupaten Banyumas memiliki keterbatasan, mengingat tidak mungkin KPU memantau 135 anggota PPK, 993 anggota PPS dan 22.197 anggota KPPS se Kabupaten Banyumas.

“Tolong bantu kami dalam mengawasi aparatur di bawah dan segera laporkan kepada kami jika ada yang macam-macam. Pasti kami akan tindaklanjuti jika terbukti,” tegas Imam, anggota KPU Kabupaten Banyumas yang membawahi divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM ini. (SPA)

 

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!