Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

IMAM ARIF SETIADI SOSIALISASIKAN CARA MENCOBLOS YANG SAH

BANYUMAS – Imam Arif Setiadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas sosialisasikan cara mencoblos surat suara yang sah dalam Pemilu Tahun 2019. Hal itu disampaikan olehnya dalam kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019 melalui Forum Warga Berbasis Keluarga di Balai Desa Parungkamal, Senin (3/12).

Dihadiri oleh puluhan warga setempat, Imam menyampaikan bahwa selain pentingnya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemilih juga harus tahu tata cara mencoblos yang benar.

“Cara mencoblosnya juga harus benar agar suaranya menjadi sah,” tegas Imam.

Ia melanjutkan, mencoblos surat suara harus menggunakan alat yang sudah tersedia di TPS. Yaitu menggunakan paku dan landasan busa. Katanya, jika menggunakan alat lain seperti api rokok, jari dan lainnya, akan menyebabkan suara menjadi rusak.

Selain itu, cara mencoblos surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan surat suara calon anggota DPD yaitu dengan mencoblos pada bagian nama, atau nomor urut atau gambar pasangan calon.

Sementara pada surat suara calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, coblosan bisa diberikan di bagian nomor urut, nama calon atau nomor urut, nama partai dan gambar partai.

“Dalam kategori ini, suara memiliki dua kemungkinan akan diberikan kepada calon atau ke partai, sesuai dengan coblosannya,” tambahnya.

Lebih lanjut Imam menjelaskan bahwa cara pencoblosan ini sudah detail tertulis dalam draft Peraturan KPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019.

Di tempat lain, Yasum Surya Mentari, anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM juga menyampaikan sosialisasi serupa kepada anggota Pendamping Keluarga Harapan (PKH) se Kecamatan Jatilawang. Dihadiri oleh 40 peserta, sosialisasi itu digelar di Aula Kecamatan Jatilawang. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!