Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Jelang Verifikasi Faktual, Parpol Agar Siapkan Persyaratan Sedini Mungkin

PURWOKERTO, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan kegiatan Rapat Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol) di Aula KPU Kabupaten Banyumas, Rabu (8/2). Dihadiri oleh para Ketua Parpol dan perwakilan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas, rapat dimoderatori oleh Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Waslam Makhsid.

Dalam rapat tersebut Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka mengingatkan sedini mungkin kepada parpol khususnya yang ada di Kabupaten Banyumas untuk mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan verifikasi faktual dan apabila waktunya sudah tiba nanti KPU Kabupaten Banyumas akan mengundang parpol kembali.

KPU Kabupaten Banyumas akan melaksanakan verifikasi faktual sesuai aturan perundangan dan juga Peraturan KPU mengenai pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilu.

Unggul Warsiadi menceritakan bahwa verifikasi partpol dilakukan kepada semua parpol baik yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maupun parpol baru. Ini sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 52/PUU-X/2012, tanggal 29 Agustus 2012 sehingga semua persyaratannya harus sudah mulai disiapkan dari sekarang.

Pengurus parpol di tingkat kabupaten menyampaikan persyaratan verifikasi seperti kepengurusan di kabupaten/kota, keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap, dan juga keanggotaan minimal 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) atau sebutan lain tingkat provinsi maupun ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) langsung dan kemudian DPP parpollah yang menyerahkan ke KPU RI. KPU secara berjenjang menyampaikan berkas persyaratan hingga sampai ke KPU Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga, pengalaman proses verifikasi faktual oleh KPU Kabupaten Banyumas tahun 2012 lalu.  Harapan dari KPU Kabupaten Banyumas pada pelaksanaan nanti verifikasi berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh KPU RI. (sigit)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!