Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

JOKO PURNOMO : TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH HARUS TINGGI

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menargetkan agar tingkat pemilih di setiap daerah mencapai 77,5%. Berdasarkan itu, Joko Purnomo, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah menyatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Banyumaspun harus tinggi.

“Warga yang bertempat tinggal di Banyumas wajib mencoblos untuk Bupati Banyumas dan Gubernur Jawa Tengah,” itulah yang disampaikan oleh Joko saat mengunjungi kegiatan monitoring uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pabuwaran, Banyumas pada Selasa (27/3) siang.

Menurutnya, dengan adanya uji publik DPS ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengoreksi daftar pemilih dan membetulkannya jika terdapat kesalahan. Hal itu, lanjutnya, dapat berimbas kepada meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Saat diwawancara oleh www.kab-banyumas.kpu.go.id, Joko menyampaikan, dalam pilkada ini KPU sebagai penyelenggara memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah menyikapi adanya pemilih yang berada di luar tempat tinggalnya. Secara teknis, itu akan menghambat kepada usaha KPU mendapatkan partisipasi tinggi. Pasalnya, berdasarkan data pada pemilihan sebelumnya ada 32% masyarakat yang berada di luar tempat tinggalnya.

Menyikapi ini, Joko menghimbau kepada anggota keluarga yang terdaftar dan menetap agar menginformasikan kepada anggota keluarganya tentang keharusannya memilih pada hari pencoblosan. Ia ingin kesadaran mencoblos tumbuh di kalangan masyarakat Banyumas maupun Jawa Tengah. Selain itu, KPU juga memberikan kemudahan bagi pemilih yang berada di luar tempat tinggalnya untuk mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat dengan mengurus datanya ke KPU terlebih dahulu.

Dalam monitoring uji publik DPS itu, hadir pula mendampingi Joko Purnomo anggota KPU Kabupaten Banyumas yang terdiri dari Imam Arif, Ikhda Aniroh, Agung Basuki dan Waslam Makhsid. Dalam kesempatan itu, Imam menyempatkan untuk mengobrol ringan dengan warga, menyosialisasikan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!