Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KADER PKK KABUPATEN BANYUMAS PRAKTIK MENGENALI SURAT SUARA

CILONGOK – Pengenalan lima jenis surat suara yang akan digunakan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terus digencarkan KPU Kabupaten Banyumas. Salah satu diantaranya dilakukan kepada Tim Penggerak PKK tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa yang sedang mengadakan rapat di Balai Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Selasa (15/1) siang.

Acara pengenalan surat suara dilakukan dalam sosialiasi yang dilakukan oleh Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Hanan Wiyoko. Sosialiasi diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Erna Achmad Husein dan para pengurus, serta Ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan dan kader PKK Desa Sokawera.

“Kami mengenalkan lima jenis surat suara kepada ibu bupati, istri para camat se-Banyumas serta kader PKK. Termasuk mengenalkan cara mencoblos yang benar. Harapannya ibu-ibu menjadi tidak bingung nantinya saat membuka, mencoblos dan melipat kembali surat suara di TPS,” kata Hanan Wiyoko usai acara.

Praktek dilakukan dengan cara memberikan lima jenis spesimen surat suara kepada lima orang relawan dari kader PKK. Masing-masing relawan kemudian diminta membuka surat suara yang diterima. Kemudian surat suara tersebut ditunjukkan ke para penonton dari baris depan ke baris belakang.

Acara sosialiasi yang diadakan bebarengan dengan rakor PKK tingkat kabupaten ini diikuti sekitar ratusan kader PKK. Mereka terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan dari narasumber tunggal dari KPU Banyumas. Informasi yang disampaikan kepada para pemilih antaralain waktu pelaksanaan pemungutan suara, pembagian dapil, kategori pemilih, ajakan menjadi pemilih cerdas serta mekanisme mengurus surat pindah mencoblos atau form A5.

“Ibu-ibu nantinya di surat suara pileg tidak ada foto calon. Yang ada hanyalah nomor urut dan nama caleg lalu nomor dan lambang partai politik. Pastikan sudah memiliki pilihan dengan mengenal caleg yang akan dicoblos,” ujar Hanan. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!