Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KETUA KPU BANYUMAS INGATKAN TUPOKSI PPK DALAM KAMPANYE

PURWOKERTO – Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi mengingatkan tentang tupoksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam kampanye. Menurutnya, PPK tidak perlu terlibat dalam kegiatan kampanye peserta Pemilu Tahun 2019 jika tidak ada instruksi dari KPU. Hal itupun berlaku bagi anggota Panitia Pemungutan Suara di setiap desa atau kelurahan.

“Ini sebagai bentuk penjagaan sikap penyelenggara. Menghadiri kegiatan kampanye tanpa ada instruksi dan dasarnya malah rentan menjadi sumber konflik,” terang Imam dalam Rapat Koordinasi Pelanggaran Kampanye antara KPU Kabupaten Banyumas dengan Anggota PPK Divisi Hukum se Banyumas, Rabu (6/2).

Pada kegiatan yang digelar di Aula KPU Kabupaten Banyumas ini, Imam juga mengatakan bahwa PPK perlu tahu peraturan tentang kampanye. PPK harus memahami tahapan kampanye, tempat terlarang untuk kampanye, alat peraga dan bahan kampanye serta peraturan lainnya yang terdapat dalam Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018.

Sementara jika dihadapakan dengan sebuah kasus pelanggaran kampanye, lanjut Imam, PPK dilarang memutuskan kasus tersebut pelanggaran atau bukan. Putusan itu adalah ranah Bawaslu. Dalam hal seperti ini, PPK dihimbau bersikap pasif saja.  [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!