Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Ketua KPU Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 Ke Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, kab-banyumas.kpu.go.id – Pemerintah daerah dan para camat menjadi tumpuandalam mendukung pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada). Selain penyediaan ruang dan sarana prasarana untuk penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa selama tahapan berlangsung juga saat pembentukan badan penyelenggara ad hoc. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Graha Satria Purwokerto, Senin (13/03).
“Perkiraan tahapan pembentukan badan penyelenggara ad hoc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Banyumas Tahun 2018 dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2017,” jelas Unggul kepada peserta rapat yang terdiri dari para camat se-Kabupaten Banyumas.
Selain menginformasikan tahapan pilkada serentak, Unggul juga menyampaikanperaturan mengenai larangan bagi kepala daerah melakukan penggantian pejabat di jajarannya sejak enam bulan sebelum penetapan pasangan calon hingga masa jabatannya berakhir kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri.
Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Bila hal itu dilanggar, ia menegaskan, sesuai pasal 71 UU tersebut, calon dari petahana dapat dibatalkan pencalonannya.
“Karena penetapan pasangan calon pada bulan Februari 2018, berarti penggantian pejabat paling akhir dilaksanakan pada bulan Juli 2017,” Unggul menegaskan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyumas, Kartiman yang juga menjadi narasumber dalam rapat tersebut menyampaikan tentang kesiapan dukungan dalam pemutakhiran data pemilih, validasi data penduduk serta penyediaan surat keterangan bagi pemilih yang terdaftar dalam database namun belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)elektronik.
Bupati Banyumas Achmad Husein yang memberikan sambutan pengarahan pada pembukaan rapat koordinasi berharap rapat tersebut dapat menambah informasi, pengetahuan dan wawasan para camat dalam menjalankan pemerintahan di wilayah masing-masing.
Sedangkan di akhir acara Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan mengingatkan kepada seluruh kepala dinas dan para camat yang hadir agar tetap profesional menjalankan tugasnya dan tidak terpengaruh dengan adanya pilkada. (sari)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!