Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS : ADA KELONGGARAN PERSYARATAN DALAM REKRUTMEN KPPS

PURWOKERTO – Ada beberapa kelonggaran dalam persyaratan seleksi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Ini tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI Nomor 241.

Apa saja kelonggaran itu?

Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Yasum Surya Mentari mengatakan, dalam SK 241 itu terdapat beberapa poin yang dirasa memperingan persyaratan pendaftaran. Sebelumnya beberapa persyaratan dirasa memberatkan calon pendaftar, misalnya keharusan ada surat kesehatan, melegalisir fotokopi ijazah terakhir, dan pendidikan minimal SLTA. Persyaratan ini dirasa memberatkan bagi para pelamar.

“Ada kelonggaran dlm persyaratan KPPS dlm surat edaran KPU No.241. Surat ini sudah kami share kepada PPK untuk dijadikan pedoman,” kata Surya, yang menjabat Divisi Parmas dan SDM.

Ia menambahkan, kelonggaran tersebut adalah (1) Surat Sehat jika tidak dapat dipenuhi dengan surat keterangan sehat dari Puskesmas maka dapat dengan surat pernyataan sehat bermaterai. Kemudian (2) Terkait dengan ijazah yang dilegalisir jika dalam pemenuhannya tidak dapat melengkapi dengan fotokopi ijazah legalisir maka dapat dipenuhi dengan surat pernyataan Bermaterai bahwa yang bersangkutan memenuhi syarat bisa baca tulis hitung (Calistung).

“Yang ketiga, ini adalah penegasan soal batasan waktu dua kali menjabat KPPS. Kalau terkait dengan syarat tidak pernah menjabat dua periode dalam jabatan yang sama maka kata kuncinya adalah burturut-turut. Jika sudah dua kali berturut turut maka tdk bisa,” kata Surya.

Penegasan dan kelonggaran di atas merupakan hasil diskusi bersama Komisioner KPU Provinsi, Taufikkurohman, Rabu (13/2) di kantor KPU Banyumas.

“Pengumuman pendaftaran KPPS akan dimulai 28 Februari 2019. Bagi yang memenuhi syarat untuk segera mendaftar ke PPS desa/kelurahan masing-masing,” kata Taufik.

Adapun jadwal penerimaan pendaftaran adalah mulai 6 Maret 2019. Pada rekrutmen kali ini tidak diadakan tes wawancara, melainkan pemeriksaan berkas pendaftaran. KPU Kabupaten Banyumas membutuhkan sebanyak 38.059 orang KPPS yang bertugas di 5.437 TPS tersebar di 331 desa/kelurahan di 27 kecamatan se-Kabupaten Banyumas. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!