Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS AJAK MAHASISWA LUAR DAERAH URUS PINDAH MEMILIH

BANYUMAS – Kurang lebih 150 Mahasiswa mengikuti Sosialisasi Pemilu Serentak Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas di Gedung E kampis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (15/2). Sosialisasi mengangkat tema Fenomena Pemilih Pemula Kalangan Pemuda.

Efi Miftah Faridli selaku Ketua Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) UMP dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya Sosialisasi Pemilu yang diselenggarakan oleh KPU Banyumas tentu sangat baik dan bermanfaat. Mengingat di Kampus UMP ini belum ada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mengajarkan materi itu.

Sosialisasi ini disampaikan oleh Yasum Surya Mentari selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas.

“Sebagai generasi muda yang baik, diharapkan mahasiswa menggunakan hak pilihnya pada saat pemilu,” ucapnya mengawali sosialisasi.

Menurutnya, dalam negara demokrasi sarana untuk mengangkat pemimpin adalah melalui pemilu. Pemilu merupakan cara yang legal dan sah untuk mengangkat pemimpin.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pengenalan 5 surat suara oleh Surya yang dibantu oleh salah seorang mahasiswa.

Surya juga menekankan, bagi mahasiswa luar Banyumas yang ingin menggunakan hak pilihnya di Banyumas untuk segera mengurus pindah memilih.

“Tahap mengurus pindah memilih ini dibatasi hingga tanggal 17 Februari 2019,” tambahnya.

Kata Surya, untuk mengurusnya pemilih harus sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu, saat mengurus pemilih juga harus membawa fotocopy Kartu Keluarga dan e-KTP.

Selain Surya, Tukiran Taniredja selaku guru besar UMP juga turut menyampaikan materi terkait demokrasi, pemilu dan pendidikan politik generasi muda. Dalam kesempatan ini dia menyampaikan bahwa pemilu merupakan pilar utama dari negara demokrasi. Pemilu penting karena merupakan sarana politik dalam mewujudkan lembaga negara yang representatif dan akuntabel. Sehingga sudah selayaknya kompetisi kekuasaan ini berlangsung damai dan beradab. [ing-rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!