Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS BELAJAR E-VOTING DI KPU KOTA BOGOR

BOGOR Siapapun yang ingin melihat praktek Pemilu menggunakan E-Voting harus datang ke Kota Bogor. Tepatnya di Rumah Pintar pemilu (RPP) KPU Kota Bogor. Ya, sejak 2015 KPU Kota Bogor telah memiliki perangkat e-voting berupa seperangkat komputer layar sentuh yang sudah terprogram aplikasi e-voting. Pemilih hanya tinggal menyentuh layar yang berisi gambar para kandidat.

Hasil pilihan pemilih nanti tercetak dan selanjutnya dimasukkan ke kotak suara yang disediakan. Seluruh hasilnya akan tersimpan secara elektronik dan dapat langsung diketahui segera setelah seluruh pemilih menggunakan hak pilih. Uniknya, perangkat ini sudah disesuaikan dengan tahapan pemungutan dan penghitungan riil di TPS seperti Pemilu pada umumnya. Jadi, berita acara hasil penghitungan secara otomatis akan tercetak tinggal ditandatangani oleh petugas dan para saksi.

Menurut Dian Askhabul Yamin, anggota divisi yang membidangi Sosdiklih sekaligus pengelola RPP KPU Kota Bogor, perangkat e-voting ini diklaim lebih bagus dari perangkat yang dikembangkan oleh BPPT. Perangkat e-voting ini bahkan sudah dipraktekkan pada pemilihan Ketua OSIS, pimpinan Ormas sampai pemilihan di tingkat RT. “Kami memang meminjamkan perangkat ini untuk pemilihan OSIS, Ormas. Pemilihan RT atau RW juga kami dampingi. Syaratnya satu, mereka harus punya database pemilih. Nanti panitianya kita panggil ke sini untuk di-Bimtek. Semua mereka yang melaksanakan. Kami hanya memfasilitasi”, kata pria asli Cilacap yang sudah lama tinggal di Kota Bogor ini.

Dian menambahkan perangkat ini akan sangat berguna untuk mendidik pemilih menggunakan perangkat teknologi bila suatu saat Pemilu akan beralih ke e-voting. Di samping itu, perangkat e-voting ini secara tidak langsung memberi contoh nyata bahwa penggunaan teknologi akan mengurangi biaya. “Perangkat ini hampir paperless, jadi bisa dibayangkan berapa biaya yang dapat dihemat bila Pemilu kita menggunakan e-voting”, ujar Dian. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!