Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS BERI PENDIDIKAN PEMILIH DI UNSOED

PURWOKERTO – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Yasum Surya Mentari berikan sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait Pemilu Tahun 2019 kepada mahasiswa. Kegiatan itu dilakukan dalam acara Dialog : Memilih Itu Juara yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto, Kamis (14/2). Peserta merupakan mahasiswa yang merupakan perwakilan dari anggota BEM dan UKM UNSOED Purwokerto serta mahasiswa perwakilan beberapa kampus lainnya di Purwokerto.

Berlangsung selama 90 menit di Aula Rektorat UNSOED, Surya menyampaikan tentang lima jenis serta warna penanda surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019. Katanya, jika pemilih menggunakan hak suaranya di TPS yang sesuai domisilinya maka akan mendapat seluruh surat suara.

“Sedangkan jika pemilih pindah tempat mencoblos yang di luar Daerah Pemilihannya, maka jumlah surat suara yang akan diterima berkurang,” terang Surya.

Jumlah surat suara yang diterima, lanjutnya, menyesuaikan Daerah Pemilihannya.

Membincang soal pindah memilih, anggota KPU Banyumas divisi sosialisasi, Pendidikan pemilih, parmas dan SDM ini juga menghimbau agar mahasiswa segera mengurus formulir A5 jika berniat pindah memilih. Katanya, mahasiswa bisa mengurusnya di PPS atau KPU asal, ataupun di PPS atau KPU tujuan.

“Sekarang mengurus pindah memilih itu mudah. Bisa di PPS dan KPU asal atau tujuan,” tegasnya.

Surya melanjutkan, mahasiswa sebagai generasi berpendidikan harus cermat dalam mengenali setiap peserta Pemilu. Mahasiswa dihimbau agar melihat visi, misi, program serta rekam jejak calon. Menurut Surya, ini berguna agar pemilih sadar saat memilih calon.

Selain Surya, hadir pula Muhammad Rif’an Muhajirin dari Bawaslu Banyumas, Hasto Kuncoro selaku Dewan Pengawas RRI, serta Ahmad Rofiq selaku akademisi sekaligus pengamat politik dari UNSOED sebagai pembicara. Dengan dimoderatori oleh Robin, kegiatan berlangsung dengan lancar.

Sebagai informasi, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung oleh RRI Purwokerto. Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan. Beberapa tangan terangkat berharap agar dipilih oleh moderator untuk menyampaikan pertanyaannya dalam sesi diskusi. Sebagai apresiasi, RRI dan KPU Banyumas pun memberikan merchandise kepada penanya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara peserta, narasumber serta panitia penyelenggara. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!