Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS GELAR BIMTEK PENYUSUNAN DAN PEMETAAN DPS PEMILU 2019

Purwokerto – Bertempat di ruang Sidoluhur Hotel Santika Purwokerto, KPU Kabupaten Banyumas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan dan pemetaan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019. Kegiatan ini diikuti oleh ketua dan anggota PPK yang membidangi pemutakhiran data pemilih (mutarlih) dari 27 kecamatan. Acara secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi, Rabu (30/5) kemarin.

Pada sambutannya, Unggul menyampaikan bahwa bagi daerah yang sedang melaksanakan pemilihan serentak, tidak ada kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit). Sebab, tidak banyak perubahan . “DPT pada pemilihan serentak langsung ditetapkan sebagai DPS Pemilu setelah ditambah pemilih yang pada tanggal 17 April 2019 telah genap berusia 17 tahun”, terangnya.

Selanjutnya, Waslam Makhsid selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas yang membidangi mutarlih menjelaskan bahwa alokasi TPS di Kabupaten Banyumas sebanyak 5.575 dengan asumsi maksimum pemilih di setiap TPS sebanyak 300 orang. Meski begitu, KPU Kabupaten Banyumas memutuskan hanya berkisar 250 pemilih saja di setiap TPS. Tujuannya agar pelayanan pemilih dapat berjalan optimal. “Kami sudah sampaikan kepada PPS melalui PPK agar manakala menyusun TPS nanti tak lebih dari 250 orang, tentunya dengan memperhatikan aspek keterjangkauan TPS dari para pemilih”, katanya.

Lebih lanjut Waslam menekankan kepada PPK agar PPS di wilayah kerjanya segera melakukan pemetaan DPS menggunakan DPT pemilihan serentak 2018. Waslam menghimbau agar sedapat mungkin dalam satu KK (kepala keluarga) anggota keluarganya disatukan ke dalam TPS yang sama, agar memudahkan pemilih menggunakan hak pilihnya. PPS pada saat melakukan penyusunan DPS dan pemetaan TPS juga melibatkan tokoh masyarakat. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah PPK segera melakukan kegiatan Bimtek kepada PPS. (spa)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!