Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Gelar BIMTEK Tupoksi Sekretariat PPK

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas selenggarakan Bimbingan Teknis Tupoksi Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Banyumas pada Selasa (28/11) di Hotel Meotel, Purwokerto. Kegiatan tersebut mengundang sejumlah 108 peserta yang terdiri dari Ketua, Sekretaris serta dua staf sekretariat PPK dari 27 Kecamatan di Banyumas. Bimtek ini digelar dalam rangka memberikan petunjuk teknis pengoptimalan kinerja anggota PPK serta teknis pelaporan keuangan PPK. Bimtek ini menghadirkan Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Hirawan D. P. dan Kasubbag Umum Keuangan dan Logistik, Midin beserta stafnya sebagai narasumbernya.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan hal yang membutuhkan ketelitian ekstra. Ia mengharapkan agar peserta mengikuti kegiatan dengan khidmat.

Dalam sesi materi, Hirawan menyampaikan bahwa setiap PPK harus menggunakan anggaran secara maksimal dan berpanduan kepada indeks yang telah ditentukan. “Dengan anggaran yang ada, semoga PPK bisa bekerja dengan maksimal,” kata Hirawan.

Pada sesi berikutnya, Midin menjelaskan bahwa setiap PPK harus melaporkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) setiap bulan sekali. “Maksimal tanggal 7 harus dikumpulkan,” tegasnya. Sedangkan laporan SPJ dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke PPK, tambah Midin, diserahkan maksimal tanggal 5 setiap bulannya.

Midin menambahkan, anggaran  yang terkait dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, maka koordinasi dan pelaporannya adalah dengan Ramandar Aseptiono selaku bendahara pembantu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Sedangkan  anggaran  yang terkait dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, koordinasi dan pelaporannya adalah dengan Titi Moeljati. “Kita sudah membagi tupoksi kerja masing-masing bendahara,” tandasnya.

Menjelang akhir kegiatan, perwakilan masing-masing PPK mengisi formulir pembukaan rekening PPK di Bank Rakyat Indonesia (BRI). “KPU akan mengirim anggaran-anggaran itu lewat rekening ini,” pungkas Midin. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!