Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS GELAR RAKOR EVALUASI TEKNIS PEMILU

Purwokerto– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar rapat koordinasi antar-instansi, Kamis (28-11-2019), di Aula KPU. Rakor ini adalah edisi terakhir dari lima rangkaian rakor untuk mengevaluasi gelaran Pemilu 2019 di Kabupaten Banyumas.

Tema edisi ini adalah evaluasi tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara serta penetapan calon terpilih. Hadir seluruh komisioner, jajaran sekretariat, Kepala Kesbangpol, Kabag Tapem Setda, perwakilan Sekwan, para penghubung partai politik dan pers.

Menurut Hanan Wiyoko, evaluasi dari mulai tahapan pemungutan sampai dengan penetapan calon terpilih merupakan bagian dari tanggung jawabnya di divisi teknis. Hanan mengungkapkan tahapan yang menjadi tanggung jawabnya menjadi puncak dari seluruh rangkaian pemilu. Sebab, lanjut Hanan, dirinya dan seluruh komisioner harus mengendalikan ribuan personal KPPS agar seoptimal mungkin melayani pemilih dan peserta Pemilu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami memaklumi banyak KPPS yang belum sepenuhnya memahami prosedur yang ada. Tapi kami mengapresiasi kerja mereka di tengah keterbatasan dan tekanan fisik dan mental  ”, ujar anggota KPU Banyumas yang membawahi divisi teknis ini.

Selanjutnya, Hanan mengakui bila masih banyak petugas PPS dan KPPS yang alpa memasang salinan Formulir C1 di tempat-tempat strategis. Selain itu, beberapa KPPS juga tidak memahami aturan kewajiban memberikan salinan C1 kepada saksi yang telah menyerahkan surat mandat. Untuk itu, Hanan menyampaikan permohonan maaf, terutama kepada perwakilan partai politik yang kemarin merasa dirugikan. “Kami sekali lagi minta maaf. Padahal kami sudah menginstruksikan kepada PPK dan PPS agar memastikan jajarannya memenuhi prosedur yang menjadi hak peserta Pemilu”, kata Hanan. Meski begitu, terkait komplain tentang perolehan suara dirinya pastikan telah menindaklanjuti rekomendasi dari Panwas maupun keberatan saksi.

“Kalau soal yang menyangkut perolehan suara kami sudah tindak lanjuti semua, baik (rekomendasi) penghitungan ulang maupun sekedar untuk mengecek di setiap TPS”, tandasnya. Seluruh catatan dari kegiatan evaluasi ini selanjutnya akan dilaporkan secara tertulis kepada KPU RI untuk perbaikan regulasi pad Pemilu yang akan datang. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!