Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Hitung Berkas Pendukung Partai Nasdem

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menghitung berkas persyaratan pendaftaran Partai Politik (Parpol) Pemilu 2019 dari Partai Nasdem. Berkas tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Banyumas, Suprayogi kepada Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi siang ini (13/10). Penyerahan berkas Partai Nasdem dilakukan secara serentak di seluruh Daerah se-Indonesia, sesuai dengan instruksi Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem. “Kami menyerahkan berkas ini, silakan dihitung,” kata Yogi saat akan menyerahkan berkasnya. Penyerahan tersebut disaksikan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas serta anggota Partai Nasdem Daerah Banyumas.

Data Partai Nasdem yang tersimpan di Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU menunjukan bahwa jumlah anggota Partai Nasdem adalah 1229 anggota. Berdasarkan itu, maka Partai Nasdem harus menyerahkan berkas persyaratan tersebut sesuai dengan jumlahnya di setiap Kecamatannya. Berkas yang harus diserahkan adalah berupa salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Setelah berkas diserahkan, tim penghitung KPU Banyumas yang dipimpin oleh Hari Prihatmoko melakukan pengecekkan dan penghitungan berkas. Satu per satu berkas dibuka dan dihitung, dicatat mana yang sudah sesuai dan mana yang belum sesuai.

Berdasarkan hasil penghitungan berkas, salinan KTA Partai yang sudah ada hanya 780 lembar. Sedangkan salinan E-KTP yang ada baru sejumlah 836 lembar. Dengan demikian, masih terdapat kekurangan hingga 449 lembar salinan KTA dan 393 lembar salinan E-KTP. Kekurangan tersebut tersebar di berbagai kecamatan di Banyumas. Bahkan, terdapat lima (5) Kecamatan yang sama sekali belum terdapat KTA dan KTP-nya, yaitu meliputi Kecamatan Purwokerto Timur, Kedungbanteng, Kebasen, Somagede dan Kemranjen.

Angka berkas yang sudah ada tersebut belum memenuhi persayaratan penyerahan berkas yang mencapai 1000 lembar. “Total KTP saja baru 836 lembar, itu belum mencapai angka aman,” kata Unggul. Ia juga menambahkan, bahwa sebaiknya berkas yang diserahkan lebih dari 1000. Hal itu bertujuan untuk menghindari akibat yang mungkin muncul karena kesalahan berkas saat masuk ke tahap penelitian administrasi.

Atas dasar belum lengkapnya berkas yang diserahkan, KPU Kabupaten Banyumas mengembalikan berkas tersebut kepada Ketua DPD Partai Nasdem. “Kami belum bisa menerima. Silakan untuk segera menyetorkan kembali setelah lengkap,” kata unggul. Menanggapi hal itu, Yogi memaklumi keputusan tersebut. “Memang masih ada kekurangan, kami akan selesaikan secepatnya,” jawab Yogi. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!