Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS JEMPUT BOLA LAYANI PEMILIH DPTb SANTRI PONDOK

PURWOKERTO – Melayani pemilih kategori Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), KPU Banyumas melakukan upaya jemput bola. Bertepatan libur Imlek, Selasa (5/2), KPU Banyumas melakukan roadshow ke tiga pondok pesantren (Ponpes) di tiga kecamatan.

Tiga Ponpes itu adalah Ponpes Muhammadiyah Zam-zam, Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok, Ponpes Mahasiswi An Najah Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, dan Ponpes Darussalam, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran. Secara serentak, di lokasi dilakukan sosialisasi tentang cara pindah mencoblos dan dilanjutkan pelayanan pembuatan A5. Kegiatan diikuti oleh Anggota KPU dan staf, PPK, PPS dan unsur Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Banyumas.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, ponpes merupakan salah satu kantong pemilih DPTb. Dimungkinkan saat hari pemungutan suara nanti, 17 April 2019, banyak santri yang tidak bisa pulang mencoblos di TPS asal.

“Hari ini kami melayani pembuatan form A5 di Ponpes dengan melibatkan PPK dan PPS setempat. Harapannya bisa melindungi hak pilih santri yang tidak bisa mencoblos di TPS asal,” kata Imam, Selasa siang.

Ia menambahkan, nantinya ada dua ponpes lain yang menjadi lokasi pelayanan A5, yakni Ponpes At Taujieh Al Islami Leler, Kebasen dan Ponpes Al Hidayah Karangsuci, Kelurahan Purwanegara, Purwokerto Utara.

Ia menambahkan, pemilih dalam kategori DPTb adalah pemilih yang sudah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) namun karena sebab-sebab tertentu, yang bersangkutan tidak dapat memberikan suara di TPS sesuai alamat DPT. Ada enam alasan pemilih untuk mengurus DPTb yakni (1) sedang belajar, kuliah, atau nyantri. (2) Bekerja di luar domisili. (3) Menjalani masa pidana (tahanan/napi). (4). Tertimpa bencana alam. (5) Pindah domisili. (6) Sedang dirawat di panti sosial/rehabilitasi.

“Bagi yang hendak mengurus pindah mencoblos bisa datang ke kantor KPU kabupaten/kota tujuan dengan membawa fotokopi KTP dan KK. Nanti akan dicek, apakah yang bersangkutan sudah terdaftar di DPT belum. Prosedurnya mudah, jadi ayo urus A5 bagi yang pindah mencoblos,” kata Imam.

Batas waktu pengurusan A5 adalah 17 Februari 2019. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!