Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS : KALAU SULIT, BISA DIBANTU PENDAMPING PEMILIH

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menyatakan, pemilih yang mendapatkan kesulitan saat pencoblosan dipersilakan mengajak atau membawa pendamping pemilih ke bilik suara dalam Pemilu Tahun 2019.

Hal itu dinyatakan oleh Yasum Surya Mentari, Anggota KPU Kabupaten Banyumas saat menyampaikan sosialisasi Pemilu Tahun 2019 bagi pemilih berkebutuhan khusus di Balai Desa Pengadegan, Wangon pada Selasa (26/2).

“Kalau sulit, bisa dibantu oleh pendamping pemilih. Pemilih bisa mengajak anggota keluarga, orang yang dipercaya atau salah satu anggota KPPS setempat sebagai pendamping,” ungkap Surya.

Katanya, pemilih yang berpotensi akan mendapatkan kesulitan saat mencoblos adalah pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus atau pemilih yang sudah lanjut usia.

Surya menekankan hal ini kepada peserta sosialisasi. Pasalnya, mayoritas peserta yang hadir adalah warga Pengadegan yang sudah memasuki usia lanjut. Ia mengatakan, kesulitan itu misalnya pemilih yang mengalami gangguan penglihatan karena sudah lanjut usia, pemilih tidak bisa menggunakan template huruf braille bagi penyandang tuna netra, atau alasan lain yang diperbolehkan.

Lebih lanjut Surya menyampaikan, ketentuan ini tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu Tahun 2019.

Selain itu, Surya juga menyampaikan tentang peserta Pemilu Tahun 2019. Setelah peserta mengenalinya, Surya mengenalkan specimen lima surat suara yang akan digunukan pada Pemilu 2019 mendatang. Ia menjelaskan, penanda warna abu-abu gelap adalah surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, warna merah untuk pemilihan anggota DPD, warna kuning untuk pemilihan anggota DPR RI, warna biru untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi.

“Dan penanda warna hijau untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten/Kota,” terangnya.

Sebagai pamungkas sosialisasi jelang akhir kegiatan, Surya mengajak kepada peserta untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Rabu 17 April 2019 mendatang. Ia meminta agar warga memilih calon berdasarkan pilihan hati nurani, berlandaskan visi, misi dan program calon dan tidak terpengaruh oleh politik uang. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!