Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Optimalkan Peran Camat Dan Kades/Kalur dalam Suksesi Pilkada 2018

Ajibarang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas meminta kepada aparat Desa atau Kelurahan dan Kecamatan supaya ikut andil menyukseskan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih (Mutarlih) Pilkada Serentak Tahun 2018. Menurut jadwal, tahapan mutarlih akan dilaksanakan mulai Desember ini. Hal itu disampaikan oleh Ikhda Aniroh, Anggota KPU Kabupaten Banyumas dalam Sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2018 bagi Camat dan Kades/Kalur se Banyumas di Ajibarang (12/12).

“Tahapan Mutarlih ini akan dilaksanakan dari tanggal 30 Desember 2017 sampai 9 maret 2018,” Kata Ikhda.

Ia menambahkan, Camat dan Kades/Kalur juga harus berpartisipasi dalam menyosialisasikan Pilkada kepada warganya untuk kelancaran penyelenggaraannya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Samsudin Tirta, pembicara dari Wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas. Ia mengatakan bahwa Kades/Kalur dan Camat harus mengkoordinir warganya untuk kesuksesan pelaksanaan Pilkada. Menurutnya, sinergitas aparat Desa dan Kecamatan dalam sosialisasi akan berefek pada meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih.

“Agar semua warga tahu, Camat dan Kades/Kalur harus ikut menyosialisasikan Pilkada,” kata Samsudin.

Pada materi berikutnya yang disampaikan oleh Ashar Nazarudin, Kasi SIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Banyumas, ia menyerukan kepada Camat dan Kades/Kalur untuk mengajak warganya agar selalu mengupdate data kependudukannya ke Dindukcapil.

“Empat hal yang menjadi alasan warga harus mengupdate datanya yaitu saat ada yang lahir, meninggal, datang dan pergi,” tegas Ashar.

Sementara itu, agenda Sosialisasi serupa juga telah direncanakan akan diadakan di lima titik yang berbeda, yaitu di Jatilawang, Banyumas, Sokaraja, Pendopo Wakil Bupati dan Sumpiuh. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!