Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS PASTIKAN TPS MUDAH DIAKSES OLEH PENYANDANG DISABILITAS

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Pendidikan Pemilih Pemilu Tahun 2019 Bagi Penyandang Disabilitas Kabupaten Banyumas, Kamis (13/12) siang. Digelar di Rumah Pewarta Kuncup Mas, kegiatan menyasar kepada kaum difabel binaan Yayasan Lembaga Perlindungan Anak dan Hukum, Purwokerto yang berjumlah 50 orang. Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas, Yasum Surya Mentari hadir menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Surya mengatakan, penyandang disabilitas merupakan salah satu segmen yang menjadi perhatian utama KPU Kabupaten Banyumas dalam memberikan Pendidikan Pemilih. Pasalnya, penyandang disabilitas juga memiliki hak suara yang perlu untuk diaspirasikan. Penyandang tuna daksa, tuna netra, tuna rungu/wicara, tuna grahita/mental serta disabilitas lainnya hadir pada kegiatan ini.

“Apapun kondisinya, KPU Banyumas akan melayani agar Bapak dan Ibu bisa mencoblos,” tegas Surya.

Surya menambahkan, KPU Banyumas melalui anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan memperhatikan pada prinsip aksesibel.

“Dengan prinsip ini TPS akan dibuat sedemikian rupa agar mudah diakses oleh semua pemilih dengan berbagai kondisi,” terangnya.

Selain itu, bagi penyandang tuna netra juga diberi fasilitas template untuk mencoblos surat suara. Hanya saja, lanjut surya, template itu hanya sebatas untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilihan calon anggota DPD. Sementara surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tidak disediakan template.

Meskipun begitu, penyandang disabilitas diperbolehkan untuk membawa seorang pendamping ke TPS. Menurut Surya, pendamping itu harus orang yang dipercaya oleh pemilih.

Sedangkan jika tidak ada pendamping, maka salah satu anggota KPPS dapat mendampingi pemilih tersebut.

Sosialisasi Pemilu 2019 penting disampaikan sejak jauh-jauh hari sebelum hari pencoblosan. Menurutnya, sosialisasi tidak hanya diberikan kepada penyandang disabilitas saja, melainkan juga kepada pendamping pemilih. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!