Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS : PROSES PINDAH MEMILIH ITU MUDAH

PURWOKERTO – Kabar baik untuk pemilih se- Indonesia adalah bahwa proses pindah memilih itu mudah. Kenapa? Karena proses pindah memilih sekarang bisa dilakukan baik di KPU/PPS daerah asal, maupun di daerah tujuan.

Hal itu dinyatakan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas, Khasis Munandar dalam kegiatan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pemiilu 2019, Senin (11/2). Pada kegiatan itu ia mengatakan, pemilih bisa meminta formulir pindah memilih (form A5) di KPU/PPS asal atau di KPU/PPS tujuan.

“Ini jelas mempermudah pemilih yang ingin pindah memilih, namun tidak memiliki kesempatan mengurusnya di daerah asalnya,” terang anggota KPU dari Kemranjen yang membidangi divisi perencanaan program dan data.

Lebih lanjut Khasis menerangkan, Pemilih dalam DPTb adalah pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun berkehendak memilih di TPS lain. Katanya, pemilih jenis ini akan banyak muncul dari pemilih yang bekerja di luar domisili, pelajar, santri atau mahasiswa yang belajar di luar domisilinya serta pemilih lain yang memiliki alasan lain.

“Memprosesnya mudah. Cukup datang ke KPU membawa fotokopi E-KTP dan KK saja. Selanjutnya tinggal menunggu petugas membuatkan form A5,” ungkap Khasis.

Sementara menyoal pemilih dalam DPK, Khasis menegaskan bahwa pemilih jenis ini adalah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT namun memiliki E-KTP. Bagi pemilih dalam DPK, waktu mencoblos untuknya adalah sejak pukul 12.00–13.00 WIB. Selain itu, pemilih ini hanya bisa menycoblos di TPS sesuai alamat E-KTPnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi turut menyampaikan, penyusunan DPTb dan DPK merupakan titik yang krusial. Menurutnya, hal ini termasuk yang rawan sengketa.

“Dalam pengerjaannya, PPS dan PPK harus teliti dan tepat,” ungkap Imam.

Ia mengharapkan, penyusunan DPTb dan DPK di Banyumas berjalan dengan lancar sampai waktu yang sudah ditentukan, yaitu 17 Februari 2019. [Jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!