Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS : Rancangan Dapil Siap Kami Uji Publikkan

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU Kabupaten Banyumas) melaksanakan Rapat Pleno untuk menyusun usulan Daerah Pilih (Dapil) dan alokasi kursi Pemilu anggota DPRD Kabupaten Banyumas Tahun 2019. Hal itu sesuai dengan pasal 14 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2017 tentang penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Kelompok Kerja penyusun rancangan Dapil tersebut, KPU Kabupaten Banyumas menyatakan siap mempublikasikan tiga rancangan Dapil. Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi dalam kegiatan yang digelar di Warung Djoglo, Sumbang pada Kamis (18/01). Kesiapan tersebut juga disuarakan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas lainnya yang terdiri dari Imam Arif Setiadi, Ikhda Aniroh, Waslam Makhsid dan Suharso Agung Basuki. Secara umum keseluruhan komisoner sepakat dengan tiga rancangan Dapil yang sudah beberapa kali dirapatkan. Selanjutnya kesiapan tersebut dituangkan dalam Berita Acara bernomor 045/PL/01.3-BA/3302/KPU-Kab/I/2018.

“Setelah semua sepakat atas tiga rancangan ini, silakan semua anggota KPU menandatangani Berita Acara pleno penetapan Dapil,” kata Unggul sesaat setelah semua anggota KPU menyatakan siap.

Perancangan usulan Dapil tersebut, tambah Unggul, sudah berdasarkan tujuh prinsip penyusunan Dapil yang tertera dalam pasal 185 Undang-undang Nomor 07 tahun 2017. Dengan demikian, ketiga rancangan Dapil tersebut memberikan efek kemudahan dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Selain itu, dengan tujuh prinsip itu akan meminimalisir kesulitan dan ketimpangan di masing-masing Dapil dalam setiap rancangan.

“Kami  membuat rancangan ini murni berdasarkan tujuh prinsip, tidak karena adanya kepentingan kepada golongan atau partai tertentu,” tegas Unggul.

Masa uji publik rancangan Dapil tersebut berlangsung selama tiga hari dimulai dari Jumat-Minggu, 26-28 Januari 2018. Dalam masa itu, masyarakat memiliki hak untuk menyampaikan penilaian, kritik dan saran atas rancangan Dapil yang diusulkan. Dengan segala pertimbangan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rancangan Dapil, barulah rancangan tersebut akan diberikan kepada KPU Republik Indonesia untuk ditetapkan rancangan mana yang akan dipakai dalam Pemilu Tahun 2019 mendatang. [rfk]

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!