Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SERAHKAN BA HASIL VERIFIKASI PERSYARATAN BACALEG

Purwokerto – Bertempat di Ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jumat (20/7),  Unggul Warsiadi, Ketua KPU Kaupaten Banyumas didampingi Ikhda Aniroh menyerahkan Berita Acara hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Banyumas pada Pemilu Tahun 2019. BA diserahkan kepada masing-masing penghubung Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019 di Banyumas dan disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas.

Berita Acara tersebut merupakan hasil kegiatan verifikasi oleh petugas verifikator KPU Kabupaten Banyumas yang dilangsungkan sejak tanggal 5-18 Juli 2018. Petugas meneliti kelengkapan dokumen serta meneliti keabsahan masing-masing dokumen bakal calon.

Ikhda menyampaikan bahwa hasil verifikasi itu beragam. Ada sejumlah Bacaleg yang sudah berhasil memenuhi dokumen dan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) namun masih banyak yang Belum Memenuhi Syarat (BMS).

“Masih banyak yang belum memenuhi syarat. Ada yang karena dokumen tidak lengkap dan ada yang dokumennya tidak absah,” ungkap Ikhda.

Selain itu, temuan yang menjadikan TMS juga karena adanya dokumen yang seharusnya asli namun yang diserahkan tidak asli.

Namun demikian, Ikhda menyatakan bahwa partai dan Bacaleg masih ada dapat memperbaiki dan melengkapi dokumen itu pada tahapan perbaikan dokumen.

“Tahapan perbaikan berlangsung sejak tanggal 22-31 Juli 2018,” terangnya.

Pada tahapan itu, lanjut Ikhda, setiap partai  dan Bacalegnya diharapkan agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Pasalnya, tahapan perbaikan hanya ada satu kali saja. Jika masih ada Bacaleg yang belum memenuhi persyaratan, maka status BMS itu akan berubah menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan gugur dari tahapan pencalonan.

Dalam sesi penyerahan BA itu, Ikhda juga menyempatkan menyampaikan kesalahan/kekurangan umum yang sering ditemui pada saat verifikasi. Ia juga memberikan informasi bagiamana kriteria dokumen yang seharusnya diserahkan. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!