Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SIAP VERIFIKASI PENDUKUNG BALON ANGGOTA DPD JAWA TENGAH

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas siap melaksanakan tahapan verifikasi faktual pendukung bakal calon anggota (Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Tengah pada Pemilihan Umum Tahun 2019. Kesiapan itu ditandai dengan sudah dilakukannya kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis verifikasi oleh KPU Kabupaten Banyumas kepada segenap verifikator di Hotel Meotel, Purwokerto pada Minggu (3/6) sore. Rencananya, verifikasi akan dilaksanakan mulai tanggal  5-12 Juni 2018.

“Kita melakukan verifikasi mengacu pada peraturan teknis yang berlaku,” terang Waslam Makhsid, anggota KPU Kabupaten Banyumas yang menjadi narasumber pada kegiatan itu.

Ia mengatakan, ada 603 orang di Banyumas yang akan diverifikasi. Mereka merupakan pendukung bakal calon anggota DPD Jawa Tengah yang jumlahnya ada 20 orang. Ia menambahkan, jumlah pendukung yang diverifikasi di Banyumas tidak disamaratakan karena menyesuaikan total pendukung dari masing-masing bakal calon.

“Jika pendukung bakal calon lebih dari sepuluh orang, maka yang dijadikan sampel verifikasi sejumlah 10% dari mereka. Tapi jika dukungannya kurang dari 10 maka akan dilakukan sensus,” terang Waslam.

Sedangkan jika jumlah pendukung kurang dari 10 orang, lanjut Waslam, maka semua pendukung itu harus diverifikasi.

Waslam melanjutkan, pada kegiatan verifikasi nanti, verifikator dapat melibatkan  Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat yang akan membantu kegiatan verifikasi. Mereka akan membantu sebagai penunjuk arah menuju lokasi sampel verifikasi. Selain itu, Petugas Pengawas Lapangan (PPL) juga akan turut mendampingi dan mengawasi jalannya kegiatan verifikasi. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!