Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SOSIALIASIKAN VERIFIKASI PARTAI PASCA PUTUSAN MK

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas sosialisasikan tahapan verifikasi kepengurusan, domisili kantor, kuota 30% perempuan dan keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2019 pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (25/01) di Aula KPU Kabupaten Banyumas. Sosialisasi disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi yang didampingi oleh anggota KPU Kabuapten Banyumas lainnya. Muatan sosialisasi tersebut adalah menyoal tentang waktu dan teknis pelaksanaan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai pasca putusan MK.

Disebutkan oleh Unggul, tahapan verifikasi tersebut dilakukan pada tanggal 30, 31 Januari 2018 dan  tanggal 01 Februari 2018.  Hal itu berdasarkan pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemiluhan Umum 2019

Verifikasi partai, lanjut Unggul, dilakukan dengan cara pihak partai menghadirkan sejumlah minimal 50 orang atau maksimal 5% dari total anggota Partai yang dinyatakan telah memenuhi syarat (MS) dalam seleksi administrasi di kantor masing-masing Partai tingkat Kabupaten.

“Dari KPU akan hadir langsung ke kantor masing-masing partai untuk memverifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai,” terang Unggul.

Unggul menambahkan, partai diperbolehkan memilih sendiri anggota partai yang akan dihadirkan pada tahap verifikasi. Petugas verifikasi dari KPU akan meminta daftar nama sampel  anggota partai untuk kemudian dimintai untuk memperlihatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai serta Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) atau surat keterangan bagi yang tidak memiliki E-KTP. Bila yang bersangkutan menyatakan sebagai anggota partai maka ia dinyatakan MS. Sedangkan bila tidak mengakui status keanggotaan partai maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dilanjutkan dengan mengisi formulir yang disediakan oleh KPU.

Sosialisasi disasarkan kepada 11 partai calon peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2019. Partai tersebut meliputi Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, PBB dan PKP Indonesia.  Sesuai tahapannya nanti, pada tanggal 17 Februari 2018 mendatang KPU akan memutuskan siapa partai yang lolos seleksi untuk menjadi pesera Pemilu Tahun 2019. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!