Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SOSIALISASIKAN LOGISTIK PEMILU 2019

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menyosialisasikan logistik yang akan digunakan pada Pemilu Tahun 2019, Rabu (19/12). Sosialisasi yang digelar di gudang Aridas, Kembaran ini disampaikan kepada Polres Banyumas, Bawaslu, unsur kepemerintahan Kabupaten Banyumas, media cetak dan elektronik serta stakeholder lainnya di Banyumas. Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi menyatakan, sebagian besar logistik Pemilu sudah sampai di Banyumas.

“KPU menggelar sosialisasi logistik ini agar masyarakat tahu perkembangan dan persiapan logistik Pemilu di Banyumas,” terang Imam.

Perlu diketahui, lanjut Imam, pengadaan logistik di tahun 2019 lebih bagus dari Pilkada 2018 kemarin. Pasalnya pengadaan dan pengiriman logistik dilakukan lebih cepat. Menurutnya, sudah hampir 80% logistik sudah sampai di gudang KPU.

“Ada tiga jenis yang belum masuk sama sekali yaitu surat suara, buku panduan KPPS dan formulir DCT,” jelasnya.

Sementara logistik lainnya, ada yang sudah sampai di gudang secara keseluruhan dan ada yang belum.

Kotak suara karton dari jumlah kebutuhan 27.482 buah sudah masuk 27.452 buah sehingga masih kurang 30 buah. Bilik suara karton dari jumlah kebutuhan 3.248 buah sudah masuk 3.224 buah dan masih kurang 24 buah. Sedangkan dari alat kelengkapan TPS dari kebutuhan 212.043 item, sudah masuk 8.757 item dan masih kurang 203.286 item.

“Kotak dan bilik suara sudah kita mintakan kekurangannya ke KPU RI dan alat kelengkapan TPS-nya sedang masih dalam proses pengadaan,” terang Imam di depan puluhan awak media.

Sementara logistik yang secara keseluruhan sudah sampai di gudang KPU adalah tinta, segel, perlengkapan rekap suara dan segel plastik (kabel ties).

Dalam persiapannya, KPU Kabupaten Banyumas merencanakan pengesetan formulir dan pelipatan surat suara dilakukan di enam (6) gudang yang terpisah. Ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian surat suara tertukar antar-Dapil.

Imam didampingi anggota KPU dan sekretariat lainnya, selain melaporkan tentang perkembangan logistik juga melakukan simulasi perakitan kotak dan bilik suara. (Rfk)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!