Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SOSIALISASIKAN PINDAH MEMILIH BAGI PEMILIH DARI LUAR BANYUMAS

Purwokerto – Guna sosialisasi pindah memilih bagi para pekerja, mahasiswa, santri, penghuni lapas dan pasien rawat inap yang ber-KTP luar Kabupaten Banyumas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengundang para pimpinan atau pengurus dari Perguruan Tinggi, Pondok Pesantren, Rumah Sakit, Panti Asuhan, Panti Sosial/Rehabilitasi, Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan, BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta, Badan Eksekutif Mahasiwa dan Organisasi Mahasiswa di wilayah Kabupaten Banyumas, Sabtu (9/2).

Imam Arif Setiadi selaku Ketua KPU Kabupaten Banyumas, menyampaikan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan. Diharapkan dengan kehadiran para pimpinan atau pengurus lembaga/perusahaan/organisasi tersebut, dapat menjadi perantara informasi kepemiluan kepada seluruh karyawan atau anggotanya masing-masing.

KPU Banyumas memberikan pelayanan pindah memilih bagi masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih Pemilu 2019 di luar wilayah Kabupaten Banyumas.
“Cukup dengan membawa fotocopy KTP dan Kartu Keluarga paling lambat 15 Februari 2019 ke Kantor KPU Kabupaten Banyumas,” ujar Imam menegaskan.

Pengurusan surat pindah memilih (Form A5) dapat juga dilakukan secara kolektif, dikoordinir oleh lembaga/perusahaan/organisasi.

Selain pindah memilih, Imam juga mengenalkan 5 jenis surat suara dan cara mencoblos yang benar dan sah. Adapun dalam Pemilu 2019, pemilih akan memilih secara serentak calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pada Pemilu 2019 ini, jumlah surat suara yang diterima oleh pemilih berbeda-beda tergantung dari asal domisili pemilih.
“Bagi pekerja di Kabupaten Banyumas namun ber-KTP dan terdaftar di Kota Semarang, maka hanya mendapatkan hanya 2 surat suara yaitu Pilpres dan DPD,” Kata Imam menjelaskan.
Untuk yang ber-KTP dan terdaftar di Cilacap, akan mendapatkan 4 surat suara yaitu Pilpres, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi, dikarenakan daerah pemilihan untuk DPD adalah Provinsi Jawa Tengah, sedangkan daerah pemilihan untuk DPR RI dan DPRD Provinsi adalah Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Bertempat di Hotel Surya Yudha Purwokerto, hadirin yang berjumlah hampir 200 orang, terlihat antusias saat sesi tanya jawab. Untuk informasi Pemilu 2019, peserta juga dianjurkan untuk mengunduh Aplikasi di Playstore yaitu KPU RI Pemilu 2019. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!