Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu

PURWOKERTO – Keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas terus disosialisasikan. Pasca Pemilu 2019, keberadaan RPP disosialisasikan lewat acara kunjungan ke sekolah dan kelompok masyarakat dengan materi hasil Pemilu 2019.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, fasilitas Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor KPU Banyumas masih aktif. Di antaranya memuat informasi dan data-data kepemiluan di Banyumas. Dengan sosialisasi keberadaan RPP diharapkan bisa lebih optimal keberadaannya.

“Keberadaan RPP di KPU Banyumas kami sosialisasikan dengan kunjungan ke sekolah dan komunitas. Materi sosialiasi berupa hasil Pemilu 2019 diantaranya berisi pengenalan anggota DPRD Kabupaten Banyumas hasil Pemilu 2019. Diharapkan masyarakat jadi mengetahui siapa wakil di daerah pemilihannya,” kata Imam, Jumat (11/10).

Selain mengenalkan calon terpilih, sosialisasi dilakukan dengan memberikan materi pendidikan pemilih dan demokrasi. Kegiatan kunjungan ke sekolah ini diikuti Ketua dan Anggota KPU Banyumas serta Subbag Teknis dan Hupmas KPU Banyumas.

“SMK Mpu Tantular, Kemranjen menjadi lokasi sekolah pertama yang dikunjungi. Kegiatan dilaksanakan bulan Oktober sampai Desember,” ujarnya. Kegiatan di sekolah tersebut diadakan Kamis (10/10) mulai pukul 13.00-15.00 WIB. Kegiatan diikuti sekitar 30 siswa SMK. Di sela-sela acara, siswa yang menjadi pemilih pemula dalam Pemilu 2019 diberi kesempatan menceritakan pengalamannya saat memberikan suara di TPS. Mereka juga didengarkan pandangannya tentang ajakan menolak politik uang.

Anggota KPU Banyumas, Yasum Surya Mentari mengatakan sasaran sosialisasi adalah pelajar dan komunitas atau kelompok masyarakat misalnya pemilih pemula, kelompok perempuan, dan lainnya.

“Selain melakukan visit atau kunjungan, kami juga menerima kunjungan dari pihak luar untuk melihat Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Banyumas,” kata Yasum Surya yang membawahi Divisi Parmas dan SDM.

Sementara itu, Kepala SMK Mpu Tantular Anung Purwati mengucapkan terima kasih sekolah dijadikan lokasi sosialisasi. Menurutnya, kegiatan tersebut bermanfaat menambah pengetahuan siswa tentang demokrasi, kepemiluan, dan mengenal caleg terpilih. “Saya lihat anak-anak antusias menyimak sosialisasi. Ini kesempatan yang baik bagi murid-murid untuk menambah wawasan tentang kepemiluan,”ujar Anung. Di akhir acara, KPU Banyumas membagikan sovenir berupa gantungan kunci bertuliskan Rumah Pintar Pemilu KPU Banyumas. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!