Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Dan Panwaslih Banyumas Beri Bekal PPK Dalam Bimtek

Purwokerto – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Banyumas sampaikan materi fungsi dan tugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar pada Kamis (2/11) di Baturraden. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari dimulai pada hari Rabu setelah pelantikan PPK selesai dan dilanjutkan sampai Kamis siang. Kegiatan diikuti oleh 135 anggota PPK yang telah dilantik.

Materi pertama disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi. Dia menyampaikan materi, tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Semuanya harus mendapatkan tiga orang per desa untuk jadi PPS,” katanya. Dia menambahkan, masa pendaftaran anggota PPS adalah sampai tanggal 3 November 2017.

Berikutnya adalah Imam Arif, Waslam Makhsid dan Agung Basuki yang menyampaikan materi secara panel. Mereka banyak menyampaikan tentang divisi-divisi dalam PPK sekaligus tugasnya. Divisi pertama adalah divisi sosialisasi dan partisipasi masyarakat (Parmas), divisi Keuangan dan Logistik, divisi perencanaan dan data, divisi hukum, dan divisi teknis.

Dalam rangkaian acara pelantikan dan Bimtek PPK tersebut, anggota PPK per Kecamatan diharuskan menentukan struktur kepengurusan yang meliputi ketua umum dan ketua divisi. “Ketua dan anggotanya harus disusun dan ditulis dalam berita acara,” kata Unggul. Di akhir acara, PPK di setiap kecamatan telah mendapatkan struktur kepengurusan tersebut.

Materi terakhir disampaikan oleh Mohamad Thohir, dari Panwaslih Kabupaten Banyumas. Dia menghimbau agar PPK memiliki kinerja yang profesional. “Pelajari Peraturan KPU yang telah diterbitkan agar semua yang kita lakukan sesuai dengan aturan,” tandasnya [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!