Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU DAN POLRES BANYUMAS TANDATANGANI PERJANJIAN KERJASAMA

PURWOKERTO – Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi dan Polres Banyumas yang diwakili oleh Wakapolres Banyumas, Kompol Heru Budiharto, menandatangani perjanjian kerjasama di Aula KPU Kabupaten Banyumas, Selasa (22/1). Tertuang dalam naskah perjanjian KPU Banyumas nomor 20/PR.07-NK/3302/KPU-Kab/I/2019, perjanjian itu memuat tentang pertukaran informasi atau data serta bantuan personel pengamanan Pemilu Tahun 2019.

Penandatangan disaksikan oleh Wakil Bupati Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, Anggota Bawaslu Banyumas, Kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto dan Banyumas, Kepala Kantor Kesbangpol dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam naskah perjanjian tersebut, KPU Kabupaten Banyumas diwajibkan memberikan informasi rencana kegiatan secara berkala kepada Polres Banyumas. Hal ini dimaksudkan agar Polres Banyumas dapat menyiapkan personel untuk mengamankan kegiatan. Selain itu, KPU Banyumas juga menyiapakan sarana dan prasarana berupa tempat untuk kegiatan koordinasi dan personel pengamanan.

“Berdasarkan rencana, yang paling krusial untuk diamankan adalah tentang penyiapan logistik, pengamanan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara hingga ke penetapan hasil Pemilu 2019,” ungkap Imam dalam sambutan pasca penandatanganannya.

Namun selain itu, lanjut Imam, banyak kegiatan kepemiluan lain yang membutuhkan dukungan pengamanan dari Polres. Bahkan, memungkinkan juga KPU Banyumas berkegiatan dan membutuhkan pengamanan secara mendadak.

Di sisi lain, Polres Banyumas juga memiliki kewajiban mengamankan penyelenggaraan Pemilu dengan memberikan personel sesuai kebutuhan KPU.

“Kami akan siapkan dan tentukan jumlah personel yang turun berdasarkan analisis dan kajian terhadap kegiatan yang akan KPU lakukan,” terang Heru.

Katanya, Polres Banyumas akan melakukan kegiatan preemtif maupun preventif dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Lebih lanjut Imam menyampaikan, naskah perjanjian ini akan digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan pengamanan penyelenggaraan Pemilu dan meningkatkan sinergitas kerjasama yang terpadu dan berkesinambungan antarpihak. [rifki]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!