Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU GELAR PERTEMUAN MONITORING PENDAFTARAN PARPOL

PURWOKERTO – Bertempat di Ruang Audio Visual Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, KPU gelar pertemuan monitoring pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2019. Pertemuan yang diadakan pada Jum’at (06/10) ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi, juga didampingi oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Banyumas, Muh. Tohir Ashidiqi dan Anggota KPU Banyumas, Waslam Makhsid.
Dalam pertemuan, Unggul menyampaikan bahwa tujuan pertemuan monitoring itu adalah memantau sejauh mana proses input data yang telah dilakukan partai politik khususnya di Kabupaten Banyumas agar parpol mempunyai strategi yang tepat “Jangan mendaftar di jam-jam terakhir untuk mengantisipasi jika ada administrasi yang salah”, ungkapnya. Menurutnya, dengan memaksimalkan waktu pendaftaran bisa meminimalisir kesalahan dan bisa melancarkan persiapan pemilu.
Unggul juga menyampaikan informasi terkait pengunaan E-KTP sebagai lampiran bukti keanggotaan parpol. KTP dengan jenis Elektronik memiliki masa berlaku seumur hidup. Jadi yang di serahkan ke KPU Kabupaten Banyumas adalah daftar nama yang diunduh dari Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), salinan Kartu Tanda Anggota dan salinan KTP elektronik/Surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam kesempatan tersebut Ketua Panwaslu Kabupaten Banyumas, Tohir juga menyampaikan bahwa tiga elemen yang menjadi kunci kesuksesan Pemilu adalah pada Parpol, KPU, dan Panwaslu. “Semuanya harus saling bersinergi mentaati peraturan yang telah dibuat oleh KPU RI,” katanya. KPU adalah badan yang menyelenggarakan, Panwaslu adalah pengawas, dan Parpol adalah peserta dalam pemilu.
Kegiatan berjalan dengan lancar dan diikuti oleh 30 peserta. Dari 16 Partai yang mempunyai kepengurusan di Kabupaten Banyumas, 15 Parpol yang mengirimkan delegasinya adalah Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PKB, PBB, PPP, PKS, PDI P, Partai Golkar dan PKB, Hanura, Partai Berkarya, Partai Idaman, Partai Perindo dan PSU. Acara tersebut dihadiri oleh penghubung Parpol daerah Banyumas kecuali delegasi dari Partai Nasdem dan PKPI.[jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!