Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU VISIT DATANGI KELOMPOK PKH

AJIBARANG – Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas berkesempatan menjadi sasaran kegiatan KPU Visit, Rabu (13/11) pagi di Balai Desa Kracak. Kegiatan ini merupakan acara kedelapan dari roadshow sosialisasi hasil Pemilu 2019 dan pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Para peserta yang semuanya adalah ibu-ibu berkesempatan bertemu dengan anggota DPRD Banyumas Dapil 5. Dari delapan orang jumlah total anggota dewan, hadir dalam acara tersebut tujuh orang. Ketujuhnya adalah Samsudin Tirta (PDI-Perjuangan), Agus Supriyanto (PDI-Perjuangan), Setia Budiyanto (Golkar), Mugiarti (PKB), Balqis Fadillah (PPP), Joko Pramono (PKS), dan Suswanto (Gerindra). Satu orang anggota tidak hadir acara adalah Djadjat Sudrajat (NasDem). Kehadiran tujuh anggota dewan ini merupakan tingkat kehadiran tertinggi karena biasanya dewan yang hadir berjumlah dua hingga lima orang per daerah pemilihan.

Masing-masing anggota dewan diberi kesempatan untuk beramah tamah dengan peserta. Forum itu digunakan untuk berkenalan. Juga untuk memudahkan komunikasi, anggota dewan memberikan nomor ponsel kepada peserta.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, pelibatan anggota dewan dalam acara tersebut adalah untuk mengenalkan produk hasil Pemilu Legislatif 2019 kepada masyarakat. Ia mengucapkan terima kasih, kepada dewan yang hadir telah menyempatkan waktu di sela-sela agenda rapat dewan.

“Ini kesempatan yang baik bagi anggota dewan maupun masyarakat untuk membangun saluran komunikasi politik. Diharapkan dengan acara ini KPU bisa memfasilitasi antara pemilih dengan wakil rakyat, atau sebaliknya,” kata Imam.

Ia juga menambahkan, acara tersebut sebagai bentuk pendidikan politik bagi para peserta. Diantaranya pengenalan figur anggota dewan, maupun mendidik masyarakat untuk berani menyampaikan aspirasi.

Terbukti, pada kesempatan tersebut dua orang peserta dalam sesi tanya jawab menggunakan kesempatan untuk mengadukan permasalahan. Misalnya menagih janji anggota dewan untuk mengaspal jalan perkampungan di dusun setempat. Juga ada yang menanyakan tentang cara dari kelompok PKH untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh Agus Supriyanto dan Balqis Fadillah. Kata Agus, proses pengaspalan sudah masuk kedalam perencanaan dan sudah ada anggaran, tinggal menuju proses pelaksanaan. Kemudian, Balqis menanggapi perlunya usulan tersebut berasal dari kelompok. Untuk kemudian akan dikoordinasikan dengan pihak desa maupun dinas terkait.

Sementara itu, Hanan Wiyoko, Anggota KPU Banyumas mengatakan, tujuan dari KPU Visit adalah untuk mengenalkan keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor KPU Banyumas dan sosialiasi hasil Pemilu 2019.

“Kami mengenalkan melalui slide tentang hasil Pileg DPR RI, DPD, DPRD Provinsi. Untuk anggota DPRD Kabupaten Banyumas terpilih kami kenalkan secara langsung,” kata Hanan. Di akhir acara, ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari KPU Banyumas kepada pendamping PKH Kecamatan Ajibarang dan foto bersama. Kegiatan sebelumnya sudah dilakukan di SMK Mpu Tantular Kemranjen, SMK Plus Tunas Bangsa, kelompok petani Tinggarjaya Jatilawang, kelompok perempuan Desa Melung, Kedungbanteng, kelompok solawatan Sokaraja Lor, Sokaraja, paguyuban PKL Jalan Kampus Purwokerto Utara, dan kelompok penambang pasir Desa Srowot Kalibagor. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!