Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

LAGI, KPU KABUPATEN BANYUMAS CERMATI DAFTAR PEMILIH DI BANYUMAS

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Pencermatan Bersama Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Dua (DPTHP-2) Pemilu Tahun 2019 pada Senin (26/11) siang. Bertempat di Restoran Pringgading, KPU Kabupaten menghadirkan Bawaslu Kabupaten Banyumas, Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas serta 16 penghubung partai politik peserta Pemilu yang ada di Banyumas.

Rapat koordinasi tersebut digelar sebagai respon atas masukan Bawaslu terhadap DPTHP-2 KPU Kabupaten Banyumas yang ditetapkan pada Senin (11/11) lalu.

Dalam kesempatan tersebut Miftahudin, Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas memberi masukan kepada KPU berupa temuan data pemilih yang berpotensi keliru sejumlah 93.351 pemilih.  Jumlah ini terbagi ke dalam tiga kategori pemilih. Kategori pertama yaitu pemilih teridentifikasi ganda dengan jumlah 2.479 pemilih. Kategori kedua adalah pemilih berpotensi data rusak berjumlah 72. Dan terakhir pemilih dengan umur di atas 70 tahun yang berjumlah 90.780. Ia meminta pemilih yang berusia lebih dari 70 tahun dipastikan keberadaannya.

Menyikapi itu, Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Khasis Munandar menyatakan bahwa KPU Kabupaten Banyumas melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan segera melakukan pencermatan selama satu bulan. Dengan pencermatan itu, lanjutnya, ia berharap agar KPU Kabupaten Banyumas dapat mendata pemilih dengan benar.

“Semoga bisa segera menjadi daftar pemilih yang seakurat mungkin,” tegasnya.

Dalam rangka pencermatan itu, KPU Kabupaten Banyumas rencananya akan menggelar Rapat Kerja yang diadakan oleh masing-masing PPK di akhir bulan ini. Rapat Kerja itu juga akan menghadirkan PPS, Panitia Pengawas tingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan serta partai politik. Hal itu ditujukan agar segera didapatkan keselarasan data pemilih di setiap pihak yang berkecimpung dalam proses kepemiluan. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!