Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS DORONG MAHASISWA AKTIF DALAM PEMILU

PURWOKERTO – Bagaimana cara mahasiswa berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu? Topik tersebut mengemuka dalam diskusi publik ‘Kontribusi Mahasiswa dalam Pesta Demokrasi’ yang diadakan LPM Baskara Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jumat (14/12) malam.

“Mahasiswa bisa berperan aktif dalam kegiatan kepemiluan dengan cara melek informasi tentang pemilu,” kata Hanan Wiyoko, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas yang diundang sebagai pembicara.

Keterlibatan tersebut, menurutnya, bisa dengan mahasiswa ikut menjadi penyelenggara Pemilu sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Atau bisa juga menjadi pemantau Pemilu. Cara lainnya yang dicontohkan Hanan antara lain dengan memiliki rasa peduli untuk menjaga Pemilu berjalan lancar dan demokratis.

“Mahasiswa jangan berdiam diri di tengah hiruk pikuk Pemilu. Ambil peran sesuai kemampuan,” katanya.

Berbicara di depan puluhan anggota pers kampus dari UMP, Unsoed dan IAIN ia memberi contoh dengan pers kampus menurunkan reportase tentang kepemiluan dari sudut pandang mahasiswa.

Acara yang diadakan di lantai 4 Gedung J UMP ini mengundang Ketua Bawaslu Kab. Banyumas, Miftahudin sebagai pembicara.

Para pembicara menyampaikan tentang konsep pemilu ideal, tugas dan fungsi lembaga dalam Pemilu serta politik praktis di dunia kampus. Dalam sesi tanya jawab, para peserta terlihat antusias dan menanyakan tentang kampanye di kampus. Hal tersebut ditegaskan oleh Bawaslu bahwa area kampus steril dari politik praktis dan masuk zona larangan kampanye. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!