Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

MAHASISWA ILMU POLITIK UNSOED BELAJAR KEPEMILUAN DI KPU BANYUMAS

PURWOKERTO – Sebanyak 15 mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Kamis (21/12) siang, mengunjungi kantor Komisi Pemiihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dalam rangka kuliah lapangan Mata Kuliah Manajemen Partai Politik dan Pemilu. Turut mendampingi, Ahmad Sabiq, MA, dosen pengampu mata kuliah tersebut. Mereka diterima oleh komisioner, Imam Arif Setiadi, di aula KPU Kabupaten Banyumas.

Pada sambutannya, Imam menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Banyumas sangat terbuka bagi siapapun untuk belajar kepemiluan.

“Kami sangat terbuka dan sangat gembira ada mahasiswa belajar bersama kami tentang penyelenggaraan Pemilu”, kata Imam, yang didampingi Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Drs. Hirawanan Danan Putra, M.Si.

Lagi pula, menurutnya, KPU Kabupaten Banyumas sejak 2015 telah melaksanakan program “Visit KPU” dengan tujuan menjadikan kantor KPU sebagai tempat belajar kepemiluan dan demokrasi.

“Kami sejak 2016 telah memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang siap dikunjungi kapan saja”, sambungnya.

Imam menambahkan, saat ini penyelenggaraan Pemilu semakin kompleks dan di sisi lain publik menuntut KPU untuk menyelenggarakan pemilu yang semakin akuntabel dan transparan. Untuk itu, menurut anggota yang membidangi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) ini, KPU meresponnya dengan mengadopsi teknologi informasi pada hampir keseluruhan tahapan Pemilu. Saat ini di KPU sudah tersedia Sipol (Sistem Informasi Partai Politik-red) untuk pendaftaran parpol, ada Sidalih (Sistem Pendaftaran Pemilih) untuk pemutakhiran data pemilih dan ada Silon (Sistem Informasi Pencalonan) untuk pencalonan, dan ada Siparmas (Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat) untuk sosialisasi dan pendidikan pemilih.

“Bisa habis 2×24 jam untuk menerangkan semua aplikasi itu”, bebernya, disambut tawa para mahasiswa.

Sementara itu, Sabiq menyampaikan bahwa tujuan mendatangkan mahasiswa langsung ke jantung aktifitas penyelenggaraan Pemilu adalah agar mereka belajar lebih mendalam tentang masalah pemilu pada ahlinya.

“Beberapa saat yang lalu Pak Waslam (komisioner KPU Kabupaten Banyumas-red) juga telah kami undang untuk mengisi materi tahapan pemilu. Nanti mungkin para mahasiswa perlu diberikan penjelesan terkait teknis pemilu yang up to date, seperti pendapilan atau tentang teknologi informasi pemilu yang dimiliki oleh KPU”, ujar dosen yang sekaligus menjabat pembantu dekan III Fisip Unsoed ini.

Pada kesempatan penyampaian materi, Imam dibantu oleh staf/operator teknis yang membidangi pelaksanaan pendapilan dan sistem informasi partai politik. Para staf inilah yang mengetahui detail, mekanisme dan langkah demi langkah pelaksanaan tahapan pendapilan dan pendaftaran partai politik. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!