Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

MANTAPKAN LANGKAH, KPU KONSOLIDASI BERSAMA PPK SE-KABUPATEN BANYUMAS

Purwokerto – Seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Kabupaten Banyumas menghadiri Rapat Konsolidasi Data Pemilih Pemilu Tahun 2019 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas di Ballroom Graha Karlita Hotel, Kamis (07/02).

Rapat dibuka oleh Imam Arif Setiadi selaku Ketua KPU Kabupaten Banyumas. Pada kesempatan tersebut Imam menyampaikan tentang pentingnya gotong royong dan bekerja sama dalam menyukseskan Pemilu 2019.
“Sesuai judul acara hari ini, rapat konsolidasi, berarti kita ‘kon solid’ (supaya solid) dan semakin erat,” ujar Imam.

Diharapkan dengan adanya acara ini, semua anggota PPK mengerti kebijakan, arah, program, serta aturan Pemilu. Imam menekankan tentang Pemilu sukses, damai, dan berintegritas. Dalam orasinya ditegaskan pula bahwa KPU bersifat netral dan independen. Pemilu merupakan salah satu sarana bela negara dalam menegakkan kedaulatan rakyat.

Acara selanjutnya disampaikan oleh para komisioner KPU Kabupaten Banyumas secara bergiliran. Diawali oleh Khasis Munandar selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi yang menyampaikan bahaya hoax yang tengah berkembang di masyarakat. Yang mana isu hoax tersebut mengarah kepada institusi penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU. Para PPK harus dapat menjawab hoax tersebut dengan fakta yang sebenarnya.

Sementara Yasum Surya Mentari, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menyampaikan terkait pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pemilu 2019.

Sedangkan dari Divisi Hukum dan Pengawasan, Suharso Agung Basuki menekankan mengenai identifikasi kerawanan yang berpotensi menimbulkan permasalahan hukum. Pemungutan dan penghitungan suara menjadi fokus utama dalam Divisi hukum karena rawan dalam tertukarnya surat suara dalam pemungutan surat suara.

Sementara itu dari Divisi Teknis dan Penyelenggaraan yang diampu oleh Hanan Wiyoko, yang sedang menghadiri rapat di KPU Provinsi Jawa Tengah, diwakili oleh Kasworo, Kasubag Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat. Kasworo menyampaikan rencana pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara dan bimtek aplikasi Situng. Bimtek akan dilaksanakan 3 kali, pertama mengenai pemahaman PKPU yang akan dilakukan per Dapil, sedangkan bimtek berikutnya dilaksanakan bersama-sama dengan materi simulasi pemungutan, penghitungan suara serta simulasi rekapitulasi perolehan suara. (nrs&ing)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!