Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Optimalisasi Sosialisasi Pilkada, KPU Banyumas Gelar Media Gathering

Purwokerto – dalam rangka mengoptimalkan tahap sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar temu Media Gathering pada Rabu (18/10). Bertempat di Rumah Makan Pringgading Purwokerto, KPU Banyumas mengundang sejumlah 60 jurnalis dari media massa cetak dan elektronik di Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang bertemakan “Sosialisasi Pilkada Serentak 2018” ini mengundang Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyumas, Sigit Oediarto sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan ini digelar sebagai upaya kerjasama KPU Kabupaten Banyumas dengan media-media untuk bersama-sama menyosialisasikan Pilkada Serentak Tahun 2018. “Kami butuh informasi terkait Pilkada Serentak 2018 ini tersampaikan kepada masyarakat,” kata Ketua KPU Banyumas, Unggul Warsiadi dalam sambutan pembukaannya.

Dalam materi yang disampaikan, Sigit menyampaikan bahwa media-media harus bisa bekerjasama dengan KPU menyukseskan terselenggaranya Pilkada Serentak Tahun 2018. “Media di Banyumas harus bisa menjadi sumber berita yang valid dan informatif untuk masyarakat,” katanya.

Selain itu, sambung Sigit, dengan keberadaan media massa yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat, media harus bisa menyisipkan konten-konten positif agar masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas. “Jangan sampai masyarakat masih menyoblos hanya karena ada iming-iming,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Anjani, salah seorang peserta perwakilan dari Radio Mitra FM menanyakan tentang regulasi pemberitaan dan pengiklanan pasangan bakal calon (balon) dalam sebuah media yang mulai ramai bahkan sebelum masa kampanye dibuka.

Merespon itu, Unggul menjawab bahwa publikasi dan iklan tentang pengenalan bakal calon tidak termasuk pelanggaran. “Tidak ada regulasi yang mengatur tentang pemasangan baliho atau iklan sebelum pasangan calon di-SK-kan,” jelas Unggul. Sebelum tahap pencalonan memasuki tahap penetapan pasangan calon, setiap orang bebas mengenalkan dirinya sendiri atau orang lain bahwa dia adalah seorang bakal calon. Bahkan Unggul mengatakan bahwa itulah kesempatan untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.

Kegiatan berjalan dengan lancar. Sebelum kegiatan usai, peserta bersama anggota KPU Kabupaten Banyumas menyempatkan untuk foto bersama dengan mengenakan merchandise kaos kegiatan. Akhirnya, kegiatan selesai dengan saling berjabatangan antarpeserta dan Anggota KPU.[rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!