Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PARPOL DI BANYUMAS SERAHKAN LPSDK PEMILU 2019

PURWOKERTO – Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang dana kampanye, partai politik peserta Pemilu diharuskan menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Pemilu Tahun 2019 pada hari Rabu, 2 Januari 2019. Demikian juga di Banyumas, pada hari ini, Rabu (2/1) 16 partai politik peserta Pemilu tahun 2019 di Banyumas diharuskan menyerahkan LPSDK Pemilu Tahun 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas.

LPSDK merupakan sebuah laporan yang memuat seluruh penerimaan sumbangan untuk partai politik yang digunakan untuk kampanye. Sumbangan itu bisa berasal dari kas parti politik itu sendiri, calon legislatif dan sumbangan dari lembaga atau perusahaan lain yang sah menurut hukum.

Penyerahan ini dijadwalkan buka sejak pukul 08.00-18.00 WIB di kantor KPU Kabupaten Banyumas. Tercatat sampai pukul 14.00 WIB, sudah ada tujuh partai politik yang menyerahkan laporan, yaitu PAN, Partai Garuda, PKS, PKPI, Partai Hanura, Partai Perindo dan PPP. Partai politik menyerahkan laporan sejumlah tiga rangkap yang nantinya akan diberikan untuk KPU Kabupaten Banyumas, KPU Provinsi Jawa Tengah dan Bawaslu Banyumas.

Dalam seremonial penyerahan, anggota KPU Banyumas divisi Hukum dan Pengawasan, Suharso Agung Basuki mengatakan bahwa laporan ini perlu disusun guna menertibkan administrasi arus dana kampanye partai politik. Dari laporan, akan terlihat dari mana saja dan berapa sumbangan dana kampanye yang masuk.

“Ini juga menjadi media kontrol bagi KPU dan Bawaslu untuk mencegah adanya pelanggaran dalam sumbangan dana kampanye,” lanjut Agung.

Sementara itu, sejumlah partai politik juga kerap berkonsultasi terkait penyusunan laporan ini. Melalui helpdesk SIDAKAM yang dibuka, KPU Banyumas melayani konsultasi itu dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, petugas dari KPU Kabupaten Banyumas akan terus menunggu kedatangan partai politik untuk menyerahkan laporan sampai batas waktu yang telah ditentukan. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!