Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PDIP Serahkan Berkas Persyaratan Pendaftaran Parpol Ke KPU Banyumas

Purwokerto – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan serahkan berkas persyaratan pendaftaran Partai Politik (Parpol) Ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas pada Rabu (11/10). Wakil Bupati Banyumas, Budhi Setiawan yang sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP memberikan secara langsung berkas tersebut kepada Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi. Berkas merupakan salinan Kartu Tanda Anggota Partai yang disertai salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) anggota.

Unggul mengatakan bahwa prosesi ini merupakan tahap penyerahan berkas pendukung saja, bukan pendaftaran Parpol. “Pendaftaran Parpol hanya dilakukan oleh Pimpinan Pusat Parpol yang bersangkutan,” tegasnya. Menanggapi hal itu, Budhi mengiyakan pernyataan Unggul tersebut. “Memang kita hanya menggenapi persyaratan pendaftaran di Pimpinan Pusat,” Kata Budhi menanggapi.

Berdasarkan data yang tersimpan di Sistem Informasi Politik (Sipol) KPU, PDIP Cabang Banyumas harus menyerahkan 8310 berkas. Jumlah itu merupakan akumulasi anggota partai yang tersebar di 27 Kecamatan di Banyumas. Berdasarkan data itu, maka PDIP harus menyerahkan berkas sejumlah tersebut juga.

Pasca penyerahan, tim validasi KPU Kabupaten Banyumas yang dipimpin Hari Prihatmoko melakukan pengecekan dan penghitungan jumlah berkas. Jumlah berkas per Kecamatan harus sesuai dengan yang tertera di Sipol. Dan dari hasil validasi tersebut, berkas yang diserahkan tidak sesuai dengan jumlah yang tertera di Sipol. Jumlah KTA baru sejumlah 1870 buah dan KTP 1841 buah, dari jumlah yang seharusnya adalah 8310 buah. “Kami akan menerima kembali setelah berkas kekurangannya dilengkapi sesuai dengan yang di Sipol,” kata Unggul.

Menjelang akhir acara, Unggul menyampaikan tentang pentingnya memaksimalkan waktu pendaftaran yang ada. Dengan mendaftar di awal waktu, akan banyak waktu yang tersedia untuk merevisi berkas jika terdapat kekeliruan. “Semoga dalam waktu dekat bisa segera dilengkapi,” tandas Unggul mengakhiri acara.[rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!